PT Tiga Puspa

12 manfaat mengkonsumsi ikan dan berbagai khasiat didalamnya

Tidak ada yang tidak tahu apa itu ikan, hampir semua orang mengetahui bahwa ikan merupakan makanan bergizi yang berasal dari laut. Salah satu sumber protein hewani yang sangat baik untuk tubuh. Pentingnya makan ikan dalam kehidupan sehari-hari memiliki begitu banyak manfaat. Karena lemak yang berada dalam ikan merupakan lemak tak jenuh, hal ini membuat ikan menajdi makanan yang sangat mudah dicerna oleh tubuh.Pentingnya makan ikan untuk anak dan dewasa

Pentingnya makan ikan karena didalamnya memiliki begitu banyak nutrisi antara lain, Omega-3, Kalsium, Fosfor, Vitamin D dan B2, dan mineral yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Untuk Anda yang masih ragu tentang pentingnya makan ikan Anda wajib membaca artikel ini sampai selesai karena akan membahas mengenai manfaat mengkonsumsi ikan secara rutin:

  1. Mencegah terjadinya Penyakit Jantung

Manfaat pertama dari mengkonsumsi ikan secara teratur adalah mencegah terjadinya penyakit jantung. Menurut sebuah penelitian yang meneliti bangsa Eskimo yang bermukim di Greenland memiliki prevalansi dari penderita penyakit jantung yang sangat rendah. Makan ikan disana menjadi faktor utama tidak terserangnya penyakit jantung pada bangsa Eskimo.

Begitu juga dengan orang Jepang, di Negara Jepang begitu lumrah makan menggunakan olahan ikan yang bervariasi. Termasuk memakan ikan mentah segar yang di sajikan seperti ikan salmon yang dibuat sashimi.

  • Mencegah penyakit Kolesterol

Seseorang yang memiliki penyakit jantung koroner merupakan orang yang memiliki kadar kolesterol di atas 400mg/dl. Namun ancaman ini tidak akan terjadi jika Anda rutin mengkonsumsi ikan. Makan ikan bisa membantu Anda terhindar dari penyakit Kolesterol

  • Lauk pendamping nasi terbaik

Jika Anda sedang bosan, dan ingin segera makan siang Ada baiknya Anda memasukkan menu ikan sebagai salah satu daftar menu terbaik Anda. Pentingnya makan ikan ini bisa mengimbangi asupan gizi dengan sayur-sayuran untuk makan siang. Manfaat baiknya selain membuat tubuh Anda kenyang dan memiliki tenaga, memakan ikan juga baik untuk kesehatan

  • Menyehatkan sistem Kardiovaskuler

Gagal jantung merupakan penyakit yang begitu berdampak pada tubuh dan olahan ikan yang sehat dapat mengurangi resiko akumulasi trigliserida hal ini menyembabkan peningkatan HDL yang akan mencegah pembekuan darah. Hal ini membuktikan bahwa begitu penting mengkonsumsi ikan.

  • Menjadi pilihan saat ingin melakukan diet sehat

Makan ikan bisa menjadi pilihan Anda saat melakukan diet. Hal ini menjadi baik karena didalam ikan mengandung lemak jenuh seperti yang ada di keju dan daging yang dimana saat Anda mengkonsumsi dengan takaran tepat ikan bisa menjadi salah satu menu diet trbaik Anda.

  • Membantu  peningkatan IQ pada anak

Dulu pada waktu Sekolah Dasar, mungkin Anda pernah menerima vitamin minyak ikan dari sekolah untuk penunjang kesehatan dan pertumbuhan. Manfaat minyak ikan ini sangat baik untuk tumbuh kembang dan daya ingat saat masih kecil. Pentingnya makan ikan semenjak dini bisa dimulai saat Anda sedang menyusui, dan mengkonsumsi ikan tim karena lebih banyak nutrisinya.

  • Menstabilkan tekanan darah

Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan berguna untuk mencegah tekanan darah tinggi. Apalagi kandungan omega-3 pada ikan makarel dan salmon sangat bagus untuk Anda yang memiliki tekanan darah tinggi.

  • Mengurangi resiko terkena kanker

Sebuah studi yang dilakukan di Swedia 6000 orang selama kurang lebih 30 tahun mengkonsumsi ikan secara rutin dan menunjukkan hasil mereka terbebas dari kemungkinan terkena kanker.

  • Mencegah kemungkinan demensia

Demensia merupakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan otak, dengan mempertimbangkan pentingnya makan ikan dan mengkonsumsinya rutin, maka besar kemungkinan Anda akan terhindar dari penyakit demensia.

  1. Mencegah diabetes

Ikan adalah salah satu menu yang baik untuk orang pengidap diabetes. Melihat dari nutrisi yang ada pada ikan, penderita diabetes begitu disarankan untuk memakan menu olahan ikan sehat.

  1. Mengurangi resiko terkena Alzheimer

Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan daya ingat manusia. Mengkonsumi ikan secara rutin dapat peningkatkan fungsi neuron pada otak yang dimana neuron akan mengikat memori dan daya ingat otak semakin kuat.

Maka dari itu makan ikan harus dimulai sedini mungkin.

  1. Baik untuk ibu hamil

Pentingnya makan ikan tidak hanya untuk anak-anak namun juga penting untuk ibu hamil dan calon bayi. Hal ini disebabkan karena kandungan gizi pada ikan penting untuk mengurangi kelahiran premature. Selain hal tersebut, kandungan omega-3 juga membantu penungkatan fungsi otak pada janin dalam kandungan.

Jika setelah membaca 12 penjelasan di atas dan Anda masih meragukan pentingnya makan ikan, tentu Anda akan merasa rugi. Ikan memiliki kandungan gizi yang tinggi dan sangat sayang untuk dilewatkan, khususnya untuk mereka yang masih usia pertumbuhan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.