PT Tiga Puspa

7 makanan penetralisir asam lambung

Memilih makanan untuk mereka yang menderita asam lambung bisa dibilang gampang-gampang susah. Pasalnya jika keliru dalam memilih makanan, maka produksi asam lambung akan langsung meningkat hingga mampu memperparah penyakit tersebut. Karena itulah, agar Anda tidak bingung menentukan makanan apa yang baik untuk penderita asam lambung, dalam artikel ini kami ulas beberapa daftar makanan penetralisir asam lambung.

                Nah, apa sajakah itu? Berikut ulasannya!

Pilihan makanan penetralisir asam lambung

                Penderita asam lambung sangat sensitive dengan beberapa makanan yang mengandung gas, pedas, asam, dan juga berlemak tinggi. Gaya hidup sehat menjadi cara terbaik ketika penyembuhan. Karena itulah jika Anda menderita asam lambung, maka beberapa jenis makanan dibawah ini mungkin bisa membantu Anda untuk menetralisir gejala yang ditimbulkan.

  1. Oatmeal
    Makanan penetralisir asam lambung ini kaya akan serat dan sangat baik untuk mengatasi asam lambung. Tak hanya kaya serat, kandungan dalam oatmeal juga mampu membuat kenyang lebih lama. Dengan pencernaan yang sehat, maka masalah asam lambung pun akan cepat sembuh.
    Nah, oatmeal ini akan sangat nikmat disantap dengan susu rendah lemak atau bisa juga ditambahkan almon atau susu rendah lemak sebagai sarapan.
  2. Jahe
    Beberapa orang mungkin beranggapan jika jahe tidak baik untuk asam lambung, namun sebaliknya. Jahe  mampu memberi rasa hangat dan juga mampu mengatasi masalah pencernaan karena kandungan antiradang didalamnya.
  3. Lidah buaya
    Lidah buaya dikenal sebagai tanaman untuk kecantikan. Namun siapa sangka jika lidah buaya juga sangat baik untuk mengatasi gejala asam lambung. Ya, tanaman ini bisa dikonsumsi sebagai campuran ketika mengolah masakan, atau bisa juga dijadikan minuman untuk diminum langsung. Kandungan vitamin dan mineral didalamnya mampu mengurangi gejala asam lambung asal dikonsumsi dengan teratur.
  4. Sayuran hijau
    Beberapa jenis sayuran hijau diyakini mampu menurunkan gejala asam lambung dan bahkan menyehatkan pencernaan. Beberapa jenis sayuran hijau yang direkomendasikan yakni bayam, timun, asparagus, brokoli, kacang hijau, kangkung dan lain sebagainya.
  5. Daging tanpa lemak
    Penderita asam lambung pantang mengonsumsi makanan berlemak, begitupula dengan lemak dari daging. Karena itu jika Anda ingin makan daging, maka pilihlah yang tak berlemak dan diolah dengan cara dibakar, direbus, dipanggang atau dikukus.
  6. Pisang
    Pisang memiliki kandungan pH yang tinggi sehingga sangat baik untuk penderita asam lambung. Selain itu pisang juga kaya serat sehingga mampu mengurangi masalah pada pencernaan. Pisang juga memiliki manfaat sebagai pelapis lapsan esophagus yang sebelumnya telah teriritasi.
    Selain pisang buah seperti melon, apel, dan pir juga baik untuk penderita asam lambung.
  7. Melon
    Melon ternyata tak hanya memiliki rasa yang manis, segar dan nikmat, melon juga memiliki kandungan pH dan juga magnesium yang tinggi. Buah ini juga sangat basa, sama seperti pisang. Namun diantara banyak jenis melon, dua jenis yang disebut paling baik untuk penderita asam lambung yakni jenis honeydew dan cantaloupe melon.
  8. Roti
    Makanan penetralisir asam lambung lainnya yakni roti gandum. Roti jenis ini memiliki banyak serat dan vitamin yang baik untuk kesehatan lambung. Selain itu roti juga berperan sebagai karbohidrat sebagai sumber kekuatan. Roti bisa dijadikan sebagai ganti nasi karena baik kandungan ataupun seratnya tidak jauh berbeda dari buatan sendiri.
  9. Yoghurt
    Minuman ini memiliki efek mencegah perut yang tidak nyaman. Yoghurt mengandung bakteri baik yang biasanya akan tinggal dan menjaga saluran pencernaan. Selain itu yoghurt juga sangat baik untuk kekebalan tubuh. Kandungan protein dalam yoghurt juga lumayan banyak sehingga bisa digunakan sebagai penambah energi.

Pantangan Asam Lambung

                Ketika asam lambung seseorang kambuh, maka beberapa jenis makanan atau minuman harus langsung diberhentikan. Selain mengetahu apa saja makanan penetralisir asam lambung, Anda juga harus tahu apa saja makanan yang menjadi pantangan bagi penderita asam lambung. nah makanan apa saja itu?

                Disebutkan jika seseorang memiliki penyakit asam lambung, maka dirinya harus terbiasa menghindari makanan yang memiliki rasa asam dan pedas. Makan makanan berlemak pun juga dilarang karena sistem pencernaannya yang masih belum sempurna. Tak hanya itu minuman yang mengandung soda dan juga fast food juga sebaiknya dihindari.

                Mengonsumsi beberapa pantangan diatas ketika gejala asam lambung datang tentu saja tidak akan menyembuhkan namun justru memperparah. Karena itu pastikan ketika gejala asam lambung Anda kambuh, hindari beberapa pantangan makanan diatas.

Nah diatas adalah makanan penetralisir asam lambung yang bisa dicoba dan juga beberapa pantangan yang harus dihindari penderita asam lambung. Selain mengonsumsi makanan diatas, jika asam lambung kambuh, Anda bisa mengonsumsi METAMA. Obat herbal ini dengan kandungannya disebut mampu mengurangi gejala asam lambung dengan aman dan nyaman.

Leave a Comment

Your email address will not be published.