PT Tiga Puspa

8 Jenis Makanan yang Ampuh Atasi Sariawan

Sariawan merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dialami baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Biasanya sariawan muncul berupa adanya bintik putih di sekitar lidah, bibir dan mulut yang terasa perih. Meskipun terlihat kecil, namun sariawan tersebut bisa menimbulkan rasa sakit ketika makan atau minum sehingga membuat seseorang tidak nyaman. Untuk mengatasinya, Anda bisa memilih makanan untuk sariawan yang dijamin ampuh untuk menghilangkan masalah satu ini tanpa terasa perih.

 

Kenapa Perlu Memilih Makanan untuk Sariawan?

Perlu Anda ketahui bahwa memperhatikan jenis makanan untuk sariawan ternyata menjadi hal yang sangat penting. Sebab saat Anda salah mengkonsumsi makanan, maka sariawan justru akan terasa perih dan parah. Sariawan bisa sembuh sendiri tanpa perawatan khusus, tetapi akan lebih baik bila Anda mengkonsumsi makanan untuk sariawan agar mempercepat proses penyembuhan.

Bila berbicara mengenai makanan untuk sariawan maka Anda juga perlu memperhatikan jenis makanan yang sebaiknya dihindari. Tujuannya agar sariawan tersebut menjadi tidak terlalu sakit terutama saat makan atau minum. Adapun jenis makanan yang perlu dihindari yaitu jenis makanan yang bisa mengiritasi rongga mulut seperti makanan yang asam, pedas, jus, berbumbu rempah tajam, buah asam, cokelat, kopi, makanan asin dan kacang-kacangan.

Sedangkan jenis makanan untuk sariawan yang dapat meredakan rasa perih yaitu makanan yang bertekstur lembut, tidak berempah tajam dan hambar. Beberapa jenis makanan yang bagus untuk penderita sariawan antara lain susu rendah lemak, bubur ayam, sup, puding dan lain sebagainya. Selain itu, bagi penderita sariawan juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang bersuhu dingin. Anda juga perlu memperbanyak asupan proiten serta makanan berkalori tinggi supaya sariawan lekas sembuh.

 

Jenis-Jenis Makanan untuk Sariawan

Rasa perih dan tidak nyaman yang timbul oleh sariawan memang akan mengganggu aktivitas Anda. Namun tak perlu khawatir, Anda bisa mengatasi sariawan tersebut dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan untuk sariawan yang ampuh mempercepat proses penyembuhan antara lain sebagai berikut:

  1. Madu

Makanan untuk sariawan yang pertama yaitu madu. Dimana jenis makanan satu ini memang dikenal akan kandungan zat anti inflamasi dan anti bakterial sehingga sangat bagus untuk menyembuhkan sariawan. Selain itu, madu juga mengandung antioksidan tinggi sehingga bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Anda bisa mengkonsumsi madu saat sariawan dengan cara diminum atau bisa juga dioleskan pada sariawan.

  1. Buah yang Mengandung Vitamin C

Saat seseorang sedang mengalami sariawan maka sering disarankan untuk mengkonsumsi vitamin C. Sebab vitamin C merupakan sumber antioksidan yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga peradangan sariawan bisa segera sembuh. Untuk memperoleh kandungan vitamin C tersebut, Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan seperti jeruk, lemon, strawberry dan jambu.

  1. Air Kelapa

Air kepala merupakan salah satu jenis makanan untuk sariawan yang kaya akan antioksidan. Dengan mengkonsumsi air kelapa saat sariawan maka dapat mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, air kelapa juga memiliki kandungan berupa potasium, magnesium dan vitamin C sehingga sangat bagus untuk melawan penyakit dari dalam tubuh.

  1. Yogurt

Yogurt adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan probiotik tinggi. Dimana zat tersebut sangat bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap peradangan dan penyakit. Hal inilah yang menjadikan yogurt sangat direkomendasikan bagi penderita sariawan. Tidak hanya kaya akan probiotik, yogurt juga memiliki kandungan nutrisi yang lengkap seperti kalsium, vitamin B dan protein.

  1. Alpukat

Buah alpukat ternyata juga menjadi jenis makanan yang bagus dikonsumsi oleh penderita sariawan. Sebab alpukat memiliki kandungan seperti serat yang tinggi, antioksidan, vitamin B5, vitamin B6, vitamin   E dan vitamin K yang sangat bagus untuk tubuh. Beberapa kandungan dalam alpukat tersebut bagus untuk menyehatkan pencernaan sehingga sariawan akan segera sembuh.

  1. Sayuran Hijau

Makanan untuk sariawan berikutnya yaitu sayuran hijau karena memiliki banyak kandungan vitamin B. Adapun jenis sayuran hijau yang bisa dikonsumsi oleh penderita sariawan yaitu brokoli, bayam, kailan dan selada. Akan tetapi pastikan sayuran hijau tersebut diolah secara sehat dan benar seperti dikukus, direbus dan ditumis agar kandungan nutrisi maupun gizinya tidak hilang.

  1. Salmon dan Daging Merah

Sariawan dapat muncul salah satunya disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin B. Dengan demikian bagi penderita sariawan disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin B tinggi seperti salmon dan daging merah.

  1. Matcha

Makanan untuk sariawan satu ini ternyata banyak mengandung polifenol dan bagus untuk mengatasi peradangan seperti sariawan. Matcha juga kaya akan antioksidan alami sehingga bisa mencegah terjadinya keruksakan sel-sel dalam tubuh. Anda bisa memperoleh manfaat matcha tersebut dengan mengkonsumsinya baik diseduh atau dicampur ke makanan.

Bagi penderita sariawan sebaiknya tak perlu ragu mengkonsumsi beberapa jenis makanan untuk sariawan seperti di atas karena dijamin ampuh menghilangkan sariawan. Namun satu hal yang perlu diperhatikan oleh penderita sariawan yaitu jika selama 2 minggu sariawan tak kunjung reda maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Dengan demikian Anda bisa memperoleh tindakan pengobatan lebih lanjut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.