PT Tiga Puspa

Apa Asam UratBisa Hilang Sendiri?

Apa Asam Urat Bisa Hilang Sendiri?

 

Banyak orang bertanya-tanya, apakah asam urat bisa sembuh sendiri? Sebelum menjawab dan membahas pertanyaan itu lebih lanjut, ada baiknya mengupas terlebih dahulu apa itu penyakit asam urat.

Asam urat merupakan penyakit yang diakibatkan penumpukan kristal asam urat pada sendi, hingga akhirnya terjadi peradangan. Peradangan ini bisa menyerang sendi manapun, tetapi lebih umum menyerang lutut, siku, pergelangan kaki, dan juga jari-jari.

Cara mengetahui apakah seseorang menderita penyakit asam urat bisa sembuh sendiri atau tidak adalah dengan mengenali keluhan atau memeriksakan diri ke medis. Ada beberapa hal yang mengindikasikan seseorang terkena asam urat.

Gejala yang timbul biasanya ditandai dengan rasa sakit disertai bengkak dan rasa panas di area sendi. Sementara untuk memastikan diagnosis, dokter biasanya menindaklanjuti dengan dilakukannya tes darah.

 

Asam Urat Tidak Diobati, Bahayakah?

Anggapan-anggapan yang sudah mengakar di masyarakat bisa membawa pengaruh buruk, terutama soal kesehatan. Begitu pula dengan membiarkan gejala atau keluhan yang dirasakan karena beranggapan asam urat bisa sembuh sendiri tanpa harus diobati.

Meski terkesan penyakit ringan, jika tidak kunjung diobati akan berdampak di kehidupan nanti. Hal berbahaya yang muncul apabila asam urat tidak diobati ialah penumpukan kristal sehingga nantinya akan membentuk benjolan berisi cairan menyerupai pasta gigi.

Bila suatu hari keluhanasam urat bisa sembuh sendirimuncul kembali, benjolan tersebut dapat membengkak dan terasa sangat menyakitkan.

Hal fatal lain apabila tidak segera memeriksakan diri ke dokter adalah risiko terserang batu ginjal dan penyakit jantung koroner. Endapan asam urat akan membentuk batu pada ginjal, atau penyumbatan pada pembuluh darah sehingga terjadi penyakit jantung.

Komplikasi lain yang timbul akibat membiarkan asam urat sembuh sendiri ialah katarak, diabetes, paru-paru, dan berisiko sangat tinggi mengalami kerusakan pada sendi.

 

BenarkahPenyakit Asam Urat Bisa Sembuh Sendiri?

Jawabannya tidak. Penyembuhan asam urat dapat dilakukan lewat pengobatan rutin, baik pengobatan kimia maupun alami. Dimana umumnya, keluhan penderita akan berangsur menghilang dalam 24 jam selepas pengobatan dimulai.

Secara umum, pengobatan asam urat bisa sembuh sendiri dengan obat antiinfalamasi seperti ibuprofen dan naproxen. Obat-obat tersebut digunakan untuk meredakan rasa nyeri mendadak dan peradangan pada sendi.

Alternatif pengobatan lain yang dapat ditempuh penderita adalah jenis kortikosteroid, kandungan steroid dapat menurunkan radang persendian. Steroid sendiri dapat bekerja langsung pada sendi dengan cara diinjeksi, tetapi bisa juga dikonsumsi berupa pil.

Hanya saja, jenis obat kortikosteroid berguna untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Sehingga tidak layak dikonsumsi ketika serangan nyeri akut kambuh mendadak. Namun, terdapat pula berbagai makanan dan minuman alami sebagai penawar asam urat.

  1. Buah dan sayur dengan kandungan vitamin C tinggi
    Buah dan sayur sangat baik dikonsumsi oleh semua orang, terutama penderita asam urat.Buah yang direkomendasikan bagi penderita asam urat bisa sembuh sendiri ialah kiwi, jambu, jeruk, pepaya, semangka, mangga, dan nanas. Sedangkan untuk sayur ada brokoli, tomat, kembang kol, paprika, dan bayam.
  2. Kunyit dan Jahe
    Selain itu adapula kombinasikunyit dan jahe. Si kuning penuh khasiat ini memang cocok bersanding dengan hangat jahe. Keduanya sama-sama memiliki efek antiradang serta meringankan nyeri. Cara untuk mengatasi keluhan karena asam urat bisa sembuh sendiri ialah mengompres bagian yang nyeri dengan parutan kunyit atau jahe (pilih salah satu). Atau, bisa juga mengonsumsi teh jahe 2 gelas per hari atau rutin mengonsumsi air kunyit.
  3. Kopi
    Mengobati asam urat yang ketiga ialah dengan kopi. Kopi diketahui mampu meningkatkan kinerja pembuangan asam urat melalui urine. Hanya saja, alternatif ini dapat meningkatkan asam lambung sehingga tidak cocok untuk penderita maag.
  4. Air Putih
    Air membuang kadar asam urat berlebih dalam tubuh lewat urine. Semakin banyak mengonsumsi air putih, akan semakin banyak urine yang dihasilkan.

 

Bagaimana Pencegahan Asam Urat Agar Tidak Kambuh?

Kambuhnya asam urat bisa sembuh sendiri sangat mungkin terjadi. Dan apabila dilihat dari faktor-faktor pemicu naik dan timbulnya asam urat, banyak dipengaruhi dari makanan dan minuman apa yang dikonsumsi.

Untuk itu, mencegah agar tubuh tidak terjangkit asam urat adalah dengan menjaga pola hidup agar selalu sehat.Selain berolahraga, tentu saja asupan dengan vitamin C serta makanan berserat tinggi dan bernutrisi mesti terus diperhatikan. Kalau perlu ditingkatkan agar lebih maksimal.

Kurangi pula makanan dengan kandungan purin tinggi, seperti kacang-kacangan, daging, jeroan, dan seafood. Hindari pula minuman beralkohol serta makanan dan minuman dengan gula tinggi.

Rupanya banyak sekali hal-hal seputar asam urat bisa sembuh sendiri yang harus dipelajari kembali. Karena tak sedikit orang mengira gejala yang ditimbulkan asam urat adalah gejala rematik. Jangan sampai salah mengonsumsi makanan dan obat, ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.