PT Tiga Puspa

Apa Itu Kista Cokelat? Simak Pengertiannya Berikut

Apa Itu Kista Cokelat? Simak Pengertiannya Berikut

Apa yang Anda pikirkan saat mendengar kata kista? Tentu kata tersebut terdengar menakutkan terlebih bagi seorang perempuan. Umumnya, kista tersebut dapat muncul dimana saja. Akan tetapi yang paling sering terjadi adalah kista ovarium pada perempuan. Terdapat pula istilah kista cokelat yang merupakan salah satu jenis kita yang menyerang ovarium. Apa itu kista cokelat?

 

Mengenal Apa Itu Kista Cokelat

Apa itu kista cokelat? Kista cokelat merupakan salah satu istilah lain yang disebut dari kista endometriosis. Yang mana, endometriosis merupakan suatu jaringan endometrium atau lapisan rahim yang tumbuh diluar rahim. Jaringan tersebut juga mengalami yang namanya penebalan serta dapat luruh bersamaan dengan diklus menstruasi.

Akan tetapi, akibat darah yang ada berada di luar rahim maka pengendapan yang terjadi tidak dapat keluar. Akhirnya endapan beserta jaringan disekitarnya tersebut mengalami iritasi. Jika sudah mendapati waktu yang lama, jaringan tersebut akan membentuk bekas iritasi. Itulah yang dinamakan sebagai apa itu kista cokelat. Yang mana didalamnya terdapat penumpukan darah dengan warna merah kecokalan yang bisa saja pecah.

Sebagai seorang perempuan, Anda tentu perlu mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab, gejala, pengobatan sekaligus pencegahan dari kista  tersebut. Di bawah ini beberapa penyebab apa itu kista cokelat yang perlu Anda ketahui.

Apa Penyebab Terjadinya Kista Cokelat?

Terdapat beberapa poin yang bisa menjadi penyebab apa itu kista cokelat terjadi pada seorang perempuan. Beberapa poin tersebut seperti:

Genetik

Penelitian menyebutkan bahwa jenis kista yang satu ini dapat diturunkan lewat gen anggota keluarga. Hal ini berarti beberapa keluarga rentan mengalami kista cokelat akan tetapi penyebabnya masih belum dapat diketahui dengan jelas.

Menyebar lewat sirkulasi darah atau limfa

Selain kista yang dapat terjadi pada ovarium, terdapat pula beberapa jenis kista lain yang terjadi pada otak maupun mata. Sayangnya, jaringan kista tersebut masih belum diketahui dengan jelas bagaimana dapat berjalan menuju seluruh tubuh melalui aliran darah ataupun limfa.

Gangguan imun

Beberapa wanita mungkin memiliki gangguan imum sehingga mereka tidak dapat menghancurkan kista cokelat yang sudah terbemtuk. Terlebih, ada banyak perempuan yang mengalami kista cokelat akibat imunitas yang menurun. Akan tetapi, pada dasarnya hal tersebut masih belum jelas apakah sistem imun yang lemah dapat menghasilkan kista cokelat ataupun kista cokelat yang ada di dalam diri seseorang dapat menjadikan imun mengalami kelemahan.

Menstruasi retrograde

Adalah suatu kondisi saat waktu menstruasi seorang perempuan yang mana beberapa jaringan endometrium tidak keluar dengan baik lewat vagina. Akan tetapi yang terjadi adalah sebaliknya yakni mengalir ke belakang kemudian keluar lewat tuba falopi sehingga dapat masuk ke dalam perut. Selanjutnya, kista tersebut berpotensi menempel pada organ di pelvis lalu kemudian berkembang.

Lingkungan

Terdapat racun tertentu yang bisa memicu kista cokelat terjadi pada diri seseorang. Racun tersebut bernama dioxin. Lingkungan yang terpapar dioxin dengan kadar yang cenderung tinggi maka dapat memicu terjadinya kista cokelat pada hewan. Akan tetapi, hal tersebut belum terbukti lebih lanjut pada manusia.

 

Itulah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya apa itu kista cokelat. Sebagai informasi lebih lanjut, Anda dapat mengetahui gejala terjadinya kista pada ulasan di bawah ini.

 

Apa Saja Gejala Kista Cokelat?

Seorang perempuan yang mengalami apa itu kista cokelat tentu akan merasakan juga beberapa gejalanya. Beberapa gejala yang sering dirasakan umumnya antara lain:

Nyeri saat menstruasi yang tidak dapat pulih memakai obat anti nyeri

  • Nyeri pinggul
  • Kelelahan
  • Nyeri saat berhubungan intim
  • Depresi
  • Sampai gangguan menstruasi,

contohnya siklus menstruasi memendek atau perdarahan banyak

Dengan beberapa gejala yang sudah disebutkan di atas, tentu Anda juga perlu segera melakukan pencegahan apabila agar tidak menderita penyakit tersebut. Apa saja langkah pencegahan yang dapat dilakukan?

 

Bagaimana cara mencegah terjadinya kista cokelat

Ada beberapa upaya melakukan pencegahan kista cokelat. Sebagai langkah awal, Anda dapat melakukan beberapa tips pencegahan di bawah ini:

  • Mengonsumsi makanan kaya antioksidan yang banyak
  • Kurangi makanan berlemak
  • Kurangi makanan dengan gluten
  • Hindari makanan yang diproses
  • Kurangi stress berlebih
  • Rajin untuk melakukan olahraga

Jika sudah terjadi, maka Anda perlu mengompres perut memakai air hangat saat terasa nyeri

Dari berbagai pencegahan mengenai apa itu kista cokelat di atas, tentu dapat disimpulkan bahwa kesehatan adalah hal yang paling utama. Lebih baik menjaga kesehatan dengan baik, daripada Anda harus pusing dengan adanya penyakit yang datang dengan tidak diinginkan. Terlebih kista cokelat merupakan salah satu penyakit yang cukup memiliki pengaruh terhadap kesuburan.

Kista cokelat yang menyerang dapat merusah bahkan mengambil alih jaringan ovarium yang sehat. Anda tentu tidak menginginkan hal tersebut terjadi bukan? Sebelum kista menjadi ancaman seirus bagi kesuburan Anda maka sudah saatnya mulai dari sekarang untuk rajin menerapkan pola hidup sehat agar tubuh tidak mudah terserang penyakit termasuk apa itu kista cokelat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.