PT Tiga Puspa

Bahaya Asam lambung yang Membuatnya Harus Segera Diatasi

Bahaya Asam lambung yang Membuatnya Harus Segera Diatasi

Cairan asam yang biasa membantu jalannya pencernaan dapat disebut juga asam lambung. Apapun yang masuk dalam tubuh akan langsung dihancurkan kemudian menyerap nutrisi yang bermanfaat. Meskipun begitu, asam lambung bisa berbahaya jika mengalami kenaikan drastis. Bahaya asam lambung dapat semakin parah jikalau tidak segera diobati.

Mungkin efek dari asam lambung yang naik tidak akan terlalu parah jika perut terisi makanan, namun bisa membahayakan apabila perut kosong dan tidak ada makanan. Karena, asam lambung dapat naik sampai kerongkongan yang akan menyebabkan kerusakan.

 

Kapan asam lambung akan naik?

Kerongkongan merupakan sebuah tabung panjang dengan rongga yang panjangnya dari tenggorokan sampai perut. Fungsinya adalah untuk mengalirkan makanan melalui mulut, lalu membawa makanan tersebut dalam sisterm pencernaan.

Biasanya, gejala yang dialami oleh para penderita asam lambung adalah sensasi terbakar dan rasa kesemutan pada bagian belakang mulut. Terutama ketika makanan yang dimakan adalah makanan pedas atau porsi besar. Bisa juga karena langsung berbaring setelah makan.

Refluks asam lambung atau kenaikan asam lambung dapat terjadi kapan saja, namun yang paling sering dan umum adalah saat malam hari. Jangan sampai bersikap abai jika sudah mulai merasakan gejalanya.

 

Komplikasi Bahaya Asam Lambung yang naik

Melihat bahaya asam lambung yang naik, kita harus cepat mengatasinya sebelum efeknya semakin parah. Inilah beberapa contoh diantaranya.

  1. Ulkus Esofagus
    Ini adalah sebuah luka yang terdapat di sekitar area esofagus karena terlalu banyak terkena asam lambung. Seseorang yang menagalami Ulkus Esofagus akan mengalami kondisi mual, kesulitan makan, nyeri dada dan batuk kering.
  2. GERD
    Gejala yang dialami oleh seseorang yang mengalami GERD agak berbeda dengan Ulkus Esofagus. Adapun, penderita GERD akan merasa sensasi terbakar pada tubuh, nyeri di bagian dada yang cukup sering, dan sulit untuk makan.
    Ketika baru makan, rasa sakit tersebut muncul cukup sering sehingga menyebabkan penderitanya sering mual kemudian muntah.
  3. Asma
    Bahaya asam lambung yang naik jika tidak segera diobati berikutnya adalah asma. Jangan salah, asma juga bisa timbul karena asam lambung sebab kemungkinan cairan asam untuk masuk dalam paru-paru akan semakin besar. Ini cukup membahayakan, karena itulah tubuh mempunyai perlindungan yaitu katup sehingga cairan asam tidak akan melukai paru.
    Akan tetapi, katup yang menutup ini akan otomatis membuat saluran napas sangat terganggu. Penderita bisa mengalami asma, sementara orang yang sudah menderita asma akan mengalami kondisi yang lebih parah.
  4. Gigi yang rusak
    Bagaimana bisa asam lambung yang naik memberi efek pada gigi? Ini karena masalah pada kerusakan enamel bisa muncul jika cairan asam lambung masuk ke dalam area mulut.
    Asam lambung tersebut dapat membuat penderita tidak bisa menghindar dari kerusakan pada bagian gigi.
  5. Asam lambung yang masuk ke bagian paru
    Dalam jumlah yang berlebih, asam lambung yang naik bisa masuk dalam paru-paru. Di kondisi ini, kenaikan asam lambung harus segera diobati atau diatasi. Karena kalau tidak, masalah yang besar pada bagian paru dapat terjadi.
    Contoh masalah yang bisa terjadi pada penderita antara lain yaitu kondisi sesak napas yang begitu parah dan juga pneumonia atau peradangan pada paru-paru.
  6. Radang selaput lendir
    Sebaiknya, saat mulai merasa bahwa asam lambung mulai kambuh, jangan dalam posisi berbaring. Karena jika Anda masih berbaring saat asam lambung mulai naik, asam lambung tersebut dapat naik ke bagian selaput lendir. Karena selaput lendir tersebut letaknya ada di dalam hidung, kondisi ini bisa memicu terjadinya sinusitis pada penderita.
  7. Risiko menderita kanker esophagus
    Bahaya asam lambung yang terakhir dan paling mengancam nyawa adalah bahwa penderita bisa terkena kanker esofagus. Jika cairan asam lambung sering naik sampai pada bagian tenggorokan, ada kemungkinan besar untuk memicu penyakit kanker.
    Walaupun hal tersebut tak selalu terjadi bagi penderita asam lambung, tapi risikonya akan semakin meningkat apabila penderita mempunyai kebiasaan buruk yang bisa memicu kanker. Contohnya, merokok.
    Apabila terkena kanker esofagus gejala yang akan muncul adalah perasaan terbakar pada tubuh, nyeri pada bagian dada, sulit untuk menelan makanan, sampai berat badan yang mengalami penurunan secara signifikan.

Semua penyakit memang membutuhkan penanganan yang cepat, termasuk dengan asam lambung. Karena bahaya asam lambung dapat berlangsung dalam jangka panjang dan menyebabkan penyakit-penyakit yang mengancam nyawa.

Karena gejala asam lambung mudah untuk dideteksi, ada baiknya untuk segera berobat atau ke dokter untuk penanganan lebih lanjut agar penyakit tidak semakin meradang dan justru memicu penyakit lain.

Demikianlah artikel mengenai bahaya asam lambung apabila tidak segera diatasi. Jangan lupa bagikan juga artikel ini agar semakin banyak orang yang mengetahui mengena bahaya dari penyakit asam lambung ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.