PT Tiga Puspa

Cara Mengatasi Dehidrasi Paling Mudah Untuk Menghindari Penyakit

Cara mengatasi dehidrasi apakah cukup dengan minum? Memang minum dalam jumlah cukup dapat mengatasi dehidrasi. Tetapi, tidak semua orang punya kecenderungan untuk minum dalam jumlah yang sesuai. Banyak orang tidak minum saat mereka merasa bahwa mereka tidak sedang haus. Terlebih bagi mereka yang bekerja di tempat yang ber AC.  

Apa yang menyebabkan dehidrasi? Dehidrasi terjadi ketika seseorang tidak minum dalam jumlah yang dibutuhkan tubuh, atau ketika seseorang kehilangan cairan karena berkeringat, muntah, atau diare.  Selain itu, ada pula obat-obatan tertentu yang bersifat diuretik dapat menyebabkan peningkatan buang air kecil sehingga secara tidak langsung mengakibatkan dehidrasi.

Pengaruh Dehidrasi Pada Tubuh

Dehidrasi tidak hanya mempengaruhi Anda secara fisik tetapi juga secara mental dan emosional. Seseorang yang mengalami dehidrasi akan kehilangan konsentrasi, cepat emosi dan lebih banyak bingung.  Bahkan dehidrasi akan lebih parah diderita seseorang yang menderita demensia.

Dehidrasi parah dapat mempengaruhi otak karena dapat menyusutkan pembuluh darah pada otak.  Ketika tidak ada tingkat cairan yang cukup tinggi pada otak maka hal ini mempengaruhi memori serta koordinasi tubuh serta otak.  Pengaruh dehidrasi juga sangat tinggi pada jantung karena jantung Anda harus bekerja lebih keras ketika hanya ada sedikit air dalam darah.

Yang lebih parah adalah dehidrasi juga dapat mempengaruhi ginjal. Mereka yang mengalami dehidrasi hanya akan BAK atau buang air kecil kurang dari enam kali sehari.  Ginjal akan menahan urin saat hanya ada sedikit air dalam darah Anda. Hal ini menyebabkan warna urin menjadi pekat.

Ketika seseorang sudah merasa haus, maka sebenarnya ia sudah mengalami dehidrasi.  Cara ini adalah cara termudah dalam mendeteksi tubuh yang membutuhkan lebih banyak cairan. Saat seseorang mengalami dehidrasi, maka konsentrasi natrium urin sangat rendah serta terjadinya peningkatan kreatinin dan nitrogen urea darah.

Hal ini juga berkaitan dengan fungsi ginjal dimana warna urin menjadi indicator apakah seseorang sedang kekurangan cairan atau tidak.  Jadi, jika warna urin di siang atau sore hari sudah berwarna kuning, maka  hal ini mengindikasikan bahwa seseorang sudah harus mengkonsumsi banyak cairan.

Tingkat dehidrasi yang parah juga dapat mengakibatkan seseorang dirawat di rumah sakit. Biasanya, mereka yang harus menjalani perawatan karena ginjal sudah tidak dapat berfungsi normal.   Dehidrasi memang tidak dapat dianggap remeh oleh siapapun dan dapat menyerang mereka di usia berapapun.

Cara Mengatasi Dehidrasi Dengan Benar

Tidak semua minuman dapat menghilangkan dehidrasi. Justru beberapa jenis minuman akan memperparah dehidrasi.  Hanya air putih yang dibutuhkan manusia jika mereka hendak melakukan kegiatan aktif dalam aktivitas intensitas rendah atau sedang seperti kegiatan sehari-hari atau berjalan kaki dalam kurun waktu satu jam lebih.

Tetapi, apabila seseorang berolahraga, minum air saja mungkin tidak cukup. Terutama apabila olahraga dilakukan di bawah sinar matahari selama lebih dari satu jam. Minuman khusus mengandung elektrolit lebih disarankan.  Pasalnya, elektrolit dalam tubuh seperti natrium dan kalium akan hilang melalui keringat.  Beberapa orang mengkonsumsi minuman manis saat berolahraga. Padahal, minuman manis dalam kemasan justru mengandung gula buatan dan akan meningkatkan rasa haus.

Pastinya, tidak disarankan meminum minuman dengan kandungan kafein tinggi seperti cola, kopi atau teh setelah berolahraga.  Cafein justru menarik air dari tubuh sehingga menyebabkan dehidrasi tidak dapat dihindarkan.   

Perlu diingat bahwa jus buah memang bagus untuk kesehatan. Tetapi bukan untuk dikonsumsi setelah olahraga. Jus buah dapat menggantikan makanan kecil yang sering tidak memenuhi standar gizi, atau dapat mengenyangkan perut secara sementara. Pasalnya, jus buah mengandung sedikit sodium.

Cara Ampuh Menjaga Tubuh Dari Kekurangan Cairan

Banyak orang tidak merasakan bahwa tubuhnya sudah kehilangan cairan. Biasanya mereka yang tinggal di kawasan yang dingin tidak akan merasa haus. Padahal, mereka rentan mengalami dehidrasi.   Cara terbaik untuk selamatkan tubuh dari dehidrasi adalah menyiapkan botol khusus berisi air yang harus diminum dalam satu hari.

Memang, mengkonsumsi air mineral saja terkadang tidak menarik. Terutama bagi anak-anak yang mungkin ingin minum minuman yang segar dan mengandung rasa.  Cara paling efektif adalah dengan membuat infused water yang segar sehingga anak-anak lebih bersemangat untuk minum.

Cara mengatasi dehidrasi yang juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah yang mengandung kadar air tinggi seperti semangka atau melon.  Perbanyak pula sop sehat sehingga anak dapat mengkonsumsi kuah sayur. Tetapi tentu orang tua perlu memperhatikan kandungan dari sop sehat tersebut dimana kandungannya harus benar-benar bebas dari bahan kimia seperti penguat rasa.

Jangan lupa untuk selalu membawa botol minum yang dapat dibawa kemanapun. Dengan demikian,  Anda dapat minum saat sedang berada di luar rumah dan tidak perlu membeli minuman kemasan. Selain menghemat, Anda juga dapat mengurangi sampah plastik.

Leave a Comment

Your email address will not be published.