PT Tiga Puspa

Ciri-ciri, Penyebab, Cara Mencegah Gula Darah Rendah

Ciri-ciri, Penyebab, Cara Mencegah Gula Darah Rendah

Diabetic is doing a glucose level finger blood test

Gula darah merupakan unsur yang penting bagi kesehatan tubuh. Kadar gula darah diperoleh dari makanan yang dikonsumsi setiap hari. Selain itu, kadar gula darah menjadi bahan bakar utama untuk menunjang sistem kerja otak. Kadar gula darah juga menjadi sumber energi untuk sel dalam membangun jarngan dan otot. Oleh sebab itu, sangat penting bagi siapa saja untuk mengetahui kadar gula darah mereka, apakah normal, tinggi atau gula darah rendah.

Gula darah rendah menurut istilah medis adalah hipoglikemia. Kondisi ini biasanya dialami oleh penderita diabetes. Bukan hanya mereka yang menderita diabetes saja, namun orang yang tidak mengalami penyakit tersebut pun juga bisa saja mengalami kadar gula darah yang rendah.

 

Ciri-ciri Kadar Gula Darah Rendah

Hipoglikemia bisa diakibatkan oleh sejumlah hal misalnya kurang atau terlambat makan, mengkonsumsi obat-obatan tertentu, terlalu banyak minum alkohol atau kekurangan hormon tertentu. Selain itu, ada baiknya Anda mengetahui ciri-ciri kadar gula darah rendah agar Anda lebih waspada dalam menjaga kesehatan Anda.

  1. Kadar gula darah menjadi turun hingga berada di bawah 70 mg/dL
  2. Mereka yang mengalami kadar gula darah yang rendah bisa dilihat dari warna kulit yang nampak pucat, tubuh menjadi tidak bertenaga dan merasa mudah lelah, mudah marah, gelisah, keluar keringat dingin, detak jantung menjadi lebih cepat dan kesemutan pada area mulut.
  3. Seseorang yang memiliki kadar gula sangat rendah bahkan di bawah 40 mg/dL bisa mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi, bicara melantur, tidak dapat berdiri atau bahkan berjalan, mengalami kejang, otot berkedut, kehilangan kesadaran bahkan dapat mengakibatkan kematian.

 

Penyebab Kadar Gula Darah Rendah

Gula darah atau disebut dengan glukosa adalah sumber energi utama untuk tubuh kita. Glukosa berasal dari asupan makanan yang kita konsumsi, terutama karbohidrat. Setelah makanan yang kita konsumsi dicerna, gula darah selanjutnya akan diserap menuju aliran darah dan kemudian disalurkan pada setiap sel yang ada di tubuh kita.

Selama proses ini, sistem pankreas akan memproduksi hormon insulin yang bermanfaat untuk membantu sel tubuh memakai glukosa untuk bahan bakar. Hormon insulin umumnya menurun saat kadar gula darah meningkat. Namun, kelebihan asupan insulin justru bisa mengakibatkan kadar gula dalam darah menjadi turun bahkan terlalu rendah hingga menyebabkan gejala hipoglikemia.

Terdapat beberapa hal yang bisa memicu kondisi ini sehingga kadar gula dalam darah menjadi turun dengan sangat drastis. Beberapa penyebab hipoglikemia berdasarkan National Institute of Diabetes, diantaranya :

  • Pola makan yang tidak teratur
  • Efek samping dari suntik insulin
  • Obat-obatan yang dapat menurunkan kadar gula darah
  • Akivitas olahraga yang terlalu berat dan berlebihan
  • Kondisi medis tertentu, misalnya penyakit ginjal dan hati, serta anoreksia nervosa
  • Konsumsi alkohol secara berlebihan
  • Gangguan hormon
  • Produksi insulin yang berlebihan oleh sistem pankreas, akibat obesitas, tumor pankreas, atau terlalu bakan mengkonsumsi karbohidrat

 

Cara Mencegah Kadar Gula Darah Rendah

Salah satu upaya untuk mencegah resiko hipoglikemia adalah dengan mengontrol kadar gula dalam darah agar selalu dalam keadaan yang normal. Beberapa hal yang dianjurkan untuk Anda lakukan sebagai cara untuk mencegah hipoglikemia adalah :

  1. Jangan menunda atau bahkan melewatkan waktu makan. Usahakan untuk makan secara teratur sebagaimana jadwal 3 kali makan yang sudah ada yaitu sarapan, makan siang dan juga makan malam.
  2. Bagi Anda yang mungkin menggunakan obat oral diabetes atau insulin, usahakan untuk mengkonsumsinya dengan dosis serta waktu yang sudah disarankan oleh dokter.
  3. Rajinlah cek kadar gula darah. Hal ini sangat penting untuk dilakukan secara berkala untuk memastikan jika kadar gula darah berada dalam batas yang normal.
  4. Untuk mencegah resiko kadar gula darah menjadi rendah pada malam hari, usahakan untuk rutin melakukan cek kadar gula dalam darah sebelum Anda tidur.
  5. Mengenali gejala dan juga tanda ketika glukosa menjadi rendah
  6. Menghindari konsumsi makanan yang mengandung gula berlebih, karena selain bisa menyebabkan kadar gula meningkat dengan cepat, konsumsi makanan mengandung banyak gula dapat menurunkan gula darah secara drastis pada orang dengan kadar gula darah rendah reaktif.
  7. Menghindari konsumsi alkohol berlebihan terutama pada saat perut sedang kosong. Kandungan alkohol bisa menyebabkan kemampuan tubuh dalam melepaskan glukosa.
  8. Jika Anda tidak mengalami diabetes serta menderita episode hipoglikemia berulang, Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi makanan dengan porsi sedang untuk mencegah kadar gula menjadi rendah.

Gula darah rendah dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat. Selain itu, cukupi asupan protein misalnya selai kacang agar kada gula darah dalam tubuh kembali stabil. Makanlah secara tetap waktu dengan porsi yang seimbang. Adapun bagi mereka yang menderita diabetes, dianjurkan untuk mengkonsumsi jus buah dan tablet glukosa agar kadar gula menjadi normal kembali.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *