PT Tiga Puspa

Gejala Kadar Gula Darah Tinggi? Apa cirinya?

Gejala Kadar Gula Darah Tinggi? Apa Cirinya?

Kadar gula darah yang naik perlu dikontrol supaya tidak menjadi pemicu terjadinya masalah kesehatan kronis misalnya diabetes. Jika gula darah yang naik dibiarkan begitu saja tanpa adanya penanganan, maka kadar gula yang tinggi bisa merusak pembuluh darah, saraf serta organ vital. Gula darah tinggi bisa juga memicu terjadinya komplikasi serius yang berakibat fatal dan membahayan kesehatan tubuh.

Gejala Kadar Gula Darah Tinggi

Kondisi tersebut dapat membuat penderita merasakan sering kecing hingga dehidrasi serius. Penderita diabetes akrab dengan ciri-ciri naiknya kadar gula darah. Untuk mencegah resiko diabetes dan komplikasi yang mungkin terjadi, kita diharapkan selalu rajin mengecek kadar gula secara berkala dan juga mengetahui ciri-ciri kadar gula naik untuk segera mengatasinya.

Berikut beberapa ciri yang menunjukkan gula darah naik.

  1. Sering buang air kecil dan selalu merasa haus

Ciri pertama yang menandakan kadar gula darah tinggi adalah cepat merasa haus. Rasa haus pada dasarnya merupakan sensasi yang wajar dirasakan oleh siapa saja. Hal tersebut menjadi pertanda bahwa tubuh sedang membutuhkan asupan cairan karena dehidrasi.

Namun, perasaan cepat haus dapat menjadi gejala gula darah naik. Terlebih jika rasa haus tersebut tidak segera hilang meskipun Anda sudah cukup banyak minum air.

Kelebihan gula darah dalam batas normal akan ikut terbuang saat Anda buang air kecil bersama dengan urine. Namun, jumlah glukosa yang berlebihan bisa saja membuat urine menjadi lebih kental. Maka sebagai upaya agar urine menjadi encer, otak akan memberikan sinyal berupa rasa haus agar Anda segera minum air.

Di samping itu, karena kadar gula darah sangat banyak, otomatis Anda akan terespon untuk meminum air dalam jumlah lebih banyak pula. Semakin banyak air yang Anda minum maka Anda juga akan sering merasa ingin buang air kecil. Gejala kadar gula darah naik ini juga biasa terjadi saat Anda tidur di malam hari, sehingga bisa saja mengganggu kualitas tidur malam Anda.

  1. Merasa kelelahan

Gejala kadar gula darah tinggi berikutnya yang perlu Anda waspadai adalah mudah merasa lelah. Hal ini timbul akibat tubuh Anda merasa kurang asupan sumber energi. Padahal, faktanya tidak demikian.

Gula merupakan sumber energi utama dalam tubuh. Apabila kadar gula darah naik, seharusnya energi yang ada di dalam tubuh kita juga meningkat. Namun faktanya, tubuh justru tidak dapat mengolah kadar gula darah yang jumlahnya berlebihan. Hal ini karena fungsi dari hormon insulin yang bertugas dalam membantu penyerapan gula di dalam darah terganggu.

Akhirnya, gula dalam dara menumpuk sangat banyak dan tidak dapat dipakai sebagai sumber energi. Ciri-ciri kadar gula darah tinggi ini justru membuat tubuh seseorang seperti kekurangan energi dan merasa kelelahan.

  1. Selalu merasa lapar, namun berat badan menurun

Bukan hanya rasa lelah, gejala kadar gula darah tinggi juga dapat mengakibatkan seseorang merada mudah lapar meskipun dia baru saja mengkonsumsi banyak makanan.

Kelebihan kadar gula darah tidak dapat dioleh tubuh sebagai sumber energi. Hal tersebut membuat sel-sel tubuh tidak bisa mendapatkan asupan energi yang cukup. Jaringan dan se yang kekurangan sumber energi selanjutnya akan memberikan sinyal “lapar” pada otak sehingga nafsu makan seseorang menjadi meningkat dan terus mengkonsumsi makanan.

Meskipun sudah banyak mengkonsumsi makanan, hal tersebut lantas tidak memberikan perasaan kenyang maupun kenaikan berat badan. Ciri kenaikan kadar gula darah tinggi ini justru dapat membuat seseorang menjadi kurus.

Hal ini karena glukosa yang berlebih dalam tubuh dan tidak terpakai akhirnya keluar bersama urine. Akhirnya otak akan menganggap tubuh kekurangan sumber energi dan beralih memanfaatkan sumber energi cadangan yang terdapat pada lemak. Tubuh akan memecah lemak serta otot dan akhirnya memicu penurunan berat badan.

Dalam mayoritas kasus, gejala kadar gula darah naik ini bisa terjadi secara drastis dan jarang disadari.

  1. Penglihatan menjadi kabur

Gejala berupa gangguan mata yang sering dirasakan orang yang memiliki kadar gula tinggi yaitu pandangan yang menjadi kabur. Gejala ini muncul akibat tubuh tidak bisa menggunakan kelebihan kadar gula sebagai asupan energi untuk jaringan mata dan saraf.

Saraf serta jaringan mata yang tidak mendapatkan asupan makanan secara cukup dari glukosa tidak dapat bekerja dengan baik hingga akhirnya menjadikan penglihatan mata terasa kabur.

  1. Membuat mulut menjadi kering

Mulut kering merupakan ciri kadar gula darah tinggi berikutnya. Mereka yang mengalami kenaikan kadar gula darah dapat mengalami masalah bibir pecah-pecah, mulut kering, bau mulut, sensasi kering pada tenggorokan dan sering haus.

Karena kadar gula darah yang tinggi membuat kelenjar air liur menjadi terganggu dan tidak bisa menghasilkan air liur dengan normal. Hal ini akhirnya membuat kekeringan serta masalah lain pada mulut.

Nah, itulah beberapa gejala kadar gula darah tinggi yang perlu diwaspadai agar tidak memicu berbagai penyakit kronis lainnya. Agar tubuh kita selalu sehat dan memiliki kadar gula darah yang normal sebaiknya jalani pola hidup sehat dan sering mengecek kadar gula darah dalam tubuh secara berkala.

Leave a Comment

Your email address will not be published.