PT Tiga Puspa

Hari Kesehatan Nasional : Sejarah dan Perayaan

Hari Kesehatan Nasional : Sejarah dan Perayaan

 

Pernahkah Anda mendengar mengenai hari kesehatan? Peringatan hari kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan bagi masyarakat. Hari kesehatan Internasional diperingati pada tanggal 7 April. Lalu bagaimana dengan hari kesehatan nasional? Di indonesia, hari kesehatan diperingati setiap tanggal 12 November. Peringatan Hari Kesehatan Nasional ini tidak luput dari sejarah dicanangkannya hari tersebut.

 

Sejarah Peringatan Hari Kesehatan Nasional

Peringatan Hari Kesehatan Nasional yang dilaksanakan setiap tanggal 12 November memiliki sejarah tersendiri. Hal tersebut berawal dari usaha pemberantasan penyakit Malaria yang menyerang Indonesia di tahun 50-an. Penyakit tersebut menjangkit banyak masyarakat di seluruh negeri.

Bahkan banyak penduduk yang meninggal dunia akibat wabah tersebut. Untuk menanggapi hal tersebut akhirnya pemerintah mengambil tindakan dengan berbagai upaya membasmi malaria.

Upaya-upaya yang dilakukan untuk membasmi wabah tersebut dimulai dengan pembentukan Dinas Pembasmian Malaria pada tahun 1959. Selang 4 tahun kemudian organisasi tersebut berubah nama menjadi Komando Operasi Pembasmian Malaria (KOPEM). Upaya ini juga mendapat dukungan dari badan kesehatan dunia USAID dan WHO.

Upaya pemberantasan wabah malaria ini dilaksanakan dengan penggunaan obat berjenis DDT. Dilakukan penyemprotan secara masal di berbagai ruma penduduk yang terdapat di Bali, Jawa dan Lampung. Penyemprotan secara simbolis pertama kali dilakukan oleh Presiden Soekarno pada 12 November 1959 di desa Kalasan, kota Yogyakarta. Tanggal 12 November tersebut kemudian ditetapkan sebagai Peringatan Hari Kesehatan Nasional.

 

Perayaan Peringatan Hari Kesehatan Nasional

Perayaan Hari Kesehatan Nasional pertama kali dilaksanakan pada tanggal 12 November 1959. Setelah melakukan penyemprotan secara simbolis oleh presiden Soekarno, kemudian diberikan pemahaman mengenai bahaya wabah malaria pada masyarakat agar mereka menjadi lebih waspada dalam menghadapinya. Pada tahun-tahun berikutnya, setiap tanggal 12 November diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional.

Tema perayaan Hari Kesehatan Nasional berbeda-beda setiap tahunnya. Meskipun demikian, tujuan peringatan tersebut tetaplah sama yakni untuk meningkatkan kualitas kesehatan para masyarakat. Biasanya terdapat beragam kegiatan yang diadakan untuk meramaikan acara oleh Menteri Kesehatan.

Peringatan Hari Kesehatan Nasional atau disebut HKN pada tanggal 12 November setiap tahunnya merupakan moment insan kesehatan yang ada di seluruh Indonesia. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan serta kontribusi bidang kesehatan dalam menunjang pembangunan bangsa dan negara.

Dengan adanya peringatan HKN yang diselenggarakan setiap tahun ini diharapkan dapat memberikan aspek eduksi serta pembudayaan untuk berperilaku hidup sehat dan bersih. Hari Kesehatan Nasional Virtual Sport 2020 adalah salah satu rancangan kegiatan dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional tahun 2020 ini. Kegiatan ini diadakan dalam bentuk lomba sport atau olahraga mulai dari berjalan kaki, bersepeda dan juga berlari.

Peserta dapat berpartisipasi mengikuti acara lomba secara mandiri menggunakan gadget untuk mencapai target jarak tempuh lari, jumlah langkah per hari, dan juga bersepeda dalam jangka waktu tertentu.

 

Target Lomba Hari Kesehatan Nasional

Dalam lomba ini, peserta bebas untuk memilih jenis lomba yang ingin dijalani sesuai dengan minat dan tingkat kemampuang masing-masing. Bagi pemula yang jarang melakukan kegiatan olahraga atau baru mulai bergerak dapat memilih opsi jalan kaki yang lebih ringan dan tidak beresiko tinggi.

Bagi peserta yang sudah terbiasa dengan aktivitas olahraga dapat memilih opsi yang lainnya seperti target bersepeda atau berlari dengan waktu tertentu.

  1. Berjalan kaki

Dalam lomba ini peserta diharuskan untuk melakukan 3 kali aktivitas dalam kurun waktu 1 minggu. Target pencapaian setiap harinya minimal 7500 langkah, jadi jika peserta tidak mencapai target pencapaian minimal tersebut bisa saja dinyatakan gugur atau gagal.

  1. Berlari

Aktivitas lomba yang satu ini mengharuskan peserta untuk berlari dengan akumulasi sekitar 15 km dalam kurun waktu 1 minggu. Aktivitas ini dilakukan dalam kurun waktu 4 minggu sehingga usahakan untuk mempersiapkan stamina Anda dengan baik jika Anda ingin mencoba untuk mengikuti ajang lomba lari ini.

  1. Bersepeda

Peserta omba diharuskan untuk bersepeda dengan akumulasi 40 km dalam kurun waktu 1 minggu. Sama halnya dengan lomba lari, lomba bersepeda ini juga dilakukan selama 1 bulan.

 

Jadwal Acara

Pendaftaran dimulai tanggal 1 Oktober – 4 Oktober 2020. Slot peserta yang tersedia adalah 200 peserta. Kegiatan lomba ini tidak dipungut biaya pendaftaran aias GRATIS. Bagi pendaftar yang sudah registrasi akan mendapatkan E-BIB dan E-Fyer yang wajib di share di sosmed masing-masing. Periode aktivitas lomba ini imulai dari 5 Oktober hingga 4 November 2020.

 

Rewards

Bagi seluruh finisher nantinya akan memperoleh E-Certificate yang bisa diupload di sosial media masing-masing. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan reward menarik berupa Finisher Jersey dan Finisher Medal bagi 750 peserta pertama dengan kriteria pemenang yang sudah ditetapkan.

Peringatan Hari Kesehatan Nasional diadakan pada tanggal 12 November setiap tahunnya. Meskipun acara perayaan yang diselenggarakanoleh Menteri Kesehatan berbeda-beda setiap tahunnya, namun tujuan perayaan tersebut tetap sama yakni meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.