PT Tiga Puspa

Hari Osteoporosis dan Bagaimana Menjaga Kesehatan Tulang Sejak Dini

Hari Osteoporosis dan Bagaimana Menjaga Kesehatan Tulang Sejak Dini

 

Osteoporosis merupakan suatu penyakit dimana tulang mengalami pengeroposan serta penurunan kepadatan dari massa tulang. Tapi, tidak banyak orang yang tahu kalau tanggal 20 Oktober selalu diperingati sebagai hari osteoporosis dunia atau HOD. Adanya HOD sendiri bertujuan agar orang-orang tetap sadar untuk mencegah dan mengobati penyakit pada tulang.

Berdasarkan data yang diambil dari worldosteoporosisday, osteoporosis termasuk gangguan dan penyakit tulang yang paling sering terjadi di seluruh dunia. Kebanyakan, fraktur osteoporosis dialami oleh pria dan wanita yang sudah berusia 50 tahun ke atas.

Lebih lengkapnya mengenai hari osteoporosis dan tujuan diadakannya hari tersebut dapat disimak lewat penjelasan berikut ini.

 

Sejarah hari osteoporosis

Seperti yang kita ketahui bahwa tanggal 20 Oktober ditetapkan sebagai HOD. Awalnya, peringatan akan hari osteoporosis ini pertama diluncurkan pada 1996 oleh United Kingdom’s National Osteoporosis Society. Kemudian peringatan selanjutnya diadakan oleh International Osteoporosis Foundation.

 

Tujuan diadakannya

Tidak sedikit orang yang bertanya-tanya mengapa hari peringatan untuk sebuah penyakit tulang dibuat? Tentu saja karena hari osteoporosis diadakan dengan tujuan agar kesadaran masyarakat meningkat mengenai diagnosis, pencegahan sampai pengobatan osteoporosis. Dengan begitu, akan mengurangi jumlah penderita osteoporosis kedepannya.

Masyarakat diharapkan sadar untuk membiasakan diri berolahraga, diet demi kesehatan tulang, dan juga menghindari gaya hidup yang tidak sehat guna mencegah gangguan tulang yang satu ini.

 

Cara Menjaga Kesehatan Tulang Sejak Dini

Untuk mencegah terkena penyakit tulang seperti osteoporosis di kemudian hari, kita memang harus untuk menjaga kesehatan tulang sedini mungkin. Sebenarnya, menjaga kesehatan tulang-tulang kita tidak sulit. Semua kembali lagi pada diri kita apakah kita mau untuk menjaga kesehatan tulang atau tidak.

Dengan melakukan langkah-langkah ini, gangguan tulang osteoporosis dan lain-lain pun bisa dicegah.

  • Ketika sedang diet, perbanyak kalsium
    Bagi orang dewasa yang sudah berusia 19 sampai 50 tahun serta pria dengan usia 51 sampai 70 tahun, kalsium yang dianjurkan bagi orang yang sedang berdiet atau Recommended Dietary Allowance (RDA) adalah sebanyak 1000 mg kalsium dalam sehari. Untuk wanita yang usianya di atas 50 tahun dan pria dengan usia di atas 70 tahun, rekomendasinya adalah sebanyak 1200 mg.
    Adapun, sumber kalsium yang bisa mencegah adanya gangguan tulang adalah makanan-makanan yang tidak sulit untuk ditemukan, yakni seperti kacang almond, produk susu, sayur-sayuran seperti kangkung dan brokoli, salmon, sarden, dan produk kedelai. Tahu adalah salah satu contohnya. Tapi apabila  Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan cukup kalsium dari makanan, bisa juga untuk bertanya kepada dokter mengenai rekomendasi suplemen.
  • Memperbanyak dan memperhatikan asupan vitamin D
    Untuk dapat menyerap kalsium yang sudah disebutkan di atas, maka tubuh Anda butuh asupan vitamin D. Bagi orang dewasa yang berusia 19 sampai dengan 70 tahun, jumlah vitamin D yang dianjurkan atau RDA-nya adalah sebanyak 600 unit internasional dalam sehari. Namun untuk mereka yang usianya lebih dari 71 tahun, anjurannya meningkan jadi 800 unit internasional per hari.
    Untuk mendapatkan sumber vitamin D, Anda bisa mengonsumsi jenis ikan-ikanan, contohnya seperti bandeng, tuna, salmon dan ikan trout. Makanan yang mengandung vitamin D lainnya adalah telur, jamur, susu, serta sereal.
    Selain itu, jangan lupa juga bahwa sinar matahari juga berperan penting untuk memproduksi vitamin D pada tubuh. Disarankan untuk rutin berjemur setiap pagi agar mendapatkan vitamin D yang cukup. Kalau masih merasa tidak cukup atau kurang, lebih baik bertanya padadokter mengenai suplemen yang diperlukan.
  • Beraktivitas fisik dan menjadikannya rutinitas
    Selain mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin D dan kalsium, tentu saja harus diimbangi dengan adanya aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin. Anda bisa memulai denganlatihan untuk menahan beban, contohnya dengan berjalan santai dan jogging setiap harinya, atau dengan menaiki tangga. Aktivitas seperti itu bisa membantu Anda untuk membuat tulang Anda semakin kuat dan dapat mencegah serta memperlambat gangguan osteoporosis pada tulang.
  • Menghindari penyalahgunaan zat-zat tertentu
    Kalau ingin menghindari penyakit tulang seperti osteoporosis, sangat disarankan untuk tidak merokok. Bagi wanita, sebaiknya hindari untuk meminum minuman yang mengandung alkohol setiap hari. Kemudian untuk pria, hindarilah untuk meminum lebih dari dua minuman dengan kandungan zat alkohol dalam sehari.

Kesehatan tulang adalah hal yang penting namun seringkali disepelekan dan tidak dianggap penting. Padahal, mempunyai tubuh dan tulang yang sehat adalah idaman setiap orang. Bahkan, penyakit tulang osteoporosis yang sudah parah dapat menyebabkan kelumpuhan bagi penderitanya.

Oleh karena itu, agar tidak semakin banyak orang yang menderita gangguan tulang ini, dibentuklah hari osteoporosis dengan tujuan supaya semakin banyak orang yang sadar untuk menjaga kesehatan tulang masing-masing.

Cintai tulangmu karena mencegah jauh lebih baik dibandingkan harus mengobati. Lebih baik mencegah penyakit sedini mungkin, yaitu mulai dari sekarang.

Leave a Comment

Your email address will not be published.