PT Tiga Puspa

Hari Penglihatan Nasional, Tetap Jaga Kesehatan Mata

Hari Penglihatan Nasional, Tetap Jaga Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting. Kita bisa mendapatkan 80% informasi berkat adanya mata. Hampir seluruh aktivitas yang kita lakukan pun berhubungan dengan mata, seperti membaca buku, menonton TV, dan lain-lain. Kesehatan mata sangatlah penting untuk dijaga. Karena itulah, Hari Penglihatan Sedunia terbentuk.

 

Kapan Hari Penglihatan Sedunia dibentuk?

Hari peringatan yang diadakan setiap minggu kedua pada bulan Oktober ini dibentuk dengan beberapa tujuan. Antara lain yaitu membuat masyarakat lebih menyadari perihal masalah gangguan penglihatan dan kebutaan. Selain itu, Hari Penglihatan Dunia juga mengedukasi masyarakat untuk mencegah terjadinya kebutaan.

Berbeda dengan hari peringatan lainnya yang jatuh pada tanggal tertentu, hari penglihatan memang tidak mempunyai tanggal tetap. Namun selalu dirayakan di minggu kedua bulan Oktober. Hari Penglihatan Sedunia sendiri mulai diperingati sejak tahun 1988, oleh Lions Club Internasional yang kemudian berintegrasi dan menjadi VISION 2020 di bawah naungan World Health Organization.

Penting untuk tetap menjaga kesehatan mata agar tidak mengalami gangguan penglihatan. Sayangnya, banyak anak-anak zaman sekarang yang sudah terganggu penglihatannya. Misalnya, minus karena terlalu lama bermain gadget. Nah, agar kesehatan mata senantiasa terjaga, ada baiknya Anda mengikuti tips-tips yang akan diberikan di bawah ini.

 

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Terkait dengan Hari Penglihatan Sedunia, Anda bisa memulai menjaga kesehatan mata dengan menerapkan cara ini.

  • Jangan terlalu lama menatap komputer dan gadget
    Tidak bisa dipungkiri bahwa komputer, gadget dan internet menjadi kebutuhan kita sehari-hari. Tentu boleh-boleh saja untuk menggunakan perangkat elektronik tersebut, namun dalam batas waktu yang wajar. Penggunaan komputer serta gadget yang terlalu lama membuat mata cepat lelah dan meningkatkan risiko mengalami gangguan penglihatan.
    Selain itu, efek dari terlalu lama duduk dan menatap gadgetjuga bisa membuat pusing, nyeri pada bahu dan punggung, sakit leher, mata menjadi tegang serta sulit untuk fokus melihat kejauhan. Jika pekerjaan menuntut untuk lama di hadapan gadget, maka ambillah waktu istirahat kurang lebih 20 menit untuk mengistirahatkan mata dengan cara memandang objek yang agak jauh agar mata tidak tegang.
  • Perbanyak konsumsi buah serta sayuran
    Sehat atau tidaknya mata kita juga berpengaruh dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Agar mata tetap sehat, dianjurkan untuk biasakan mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C,  vitamin E, zink, lutein dan asam lemak omega-3.
    Kandungan nutrisi tersebut bisa kamu dapatkan dengan memakan makanan seperti sayur hijau, telur, tuna,kacang-kacangan, jeruk sampai
  • Berhenti merokok bagi para perokok
    Tidak banyak orang yang tahu bahwa selain mengganggu kesehatan jantung dan paru-paru, terlalu banyak merokok juga menjadi penyebab mata mengalami gangguan penglihatan. Bagaimana bisa begitu?
    Ini karena asap rokok yang dikeluarkan dan mengenai mata dapat meningkatkan risiko terjadinya katarak bagi perokok, kerusakan saraf optik, sampai degenerasi makula yang dapat merusak retina dan menyebabkan kebutaan di kemudian hari. Dampak yang sangat besar, bukan?
  • Menggunakan kacamata sebagai pelindung
    Salah satu cara untuk membuat mata tetap terjaga kesehatannya adalah dengan menggunakan kacamata pelindung. Jika akan menghadap komputer dalam waktu yang lama, sebaiknya menggunakan kacamata anti radiasi supaya mata tidak mudah rusak dan penglihatan akan terganggu.
    Tidak hanya itu, ketika akan beraktivitas di bawah teriknya sinar matahari, dianjurkan untuk menggunakan kacamata hitam guna mencegah dan menghambat paparan sinar ultra violet dari matahari pada mata.
  • Rutin untuk memeriksa mata
    Cara terbaik agar mata tidak rusak adalah dengan rutin memeriksakannya di optik. Dengan memeriksa mata, kondisi pada bagian yang diperiksadapat terpantau sehingga apabila ada masalah kesehatan bisa langsung terdeteksi. Baik orang yang masih muda ataupun sudah berusia lanjut, setidaknya periksakanlah mata pada dokter spesialis mata minimal 2 tahun sekali.
    Jangan abai apabila mata mulai merasa bermasalah, seperti gatal atau merah. Anda bisa mengatasinya dengan memberi obat tetes mataatau mengompresnya menggunakan air dingin. Begitu juga jika Anda merasa adanya butiran pasir pada mata, bilaslah segera menggunakan air bersih.
  • Jangan menggunakan tetes mata secara berlebihan
    Sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik, begitu juga dengan penggunaan obat tetes mata. Jika mata terasa bermasalah, sesekali menggunakan obat tetes memang tidak masalah. Tapi, penggunaan obat tetes mata yang berlebihan dan terlalu sering justru akan membuat mata rusak.
  • Jangan membaca saat cahaya redup
    Tips menjaga kesehatan mata yang terakhir adalah dengan tidak membaca saat cahaya remang-remang atau redup. Ini karena mata dapat menjadi tegang. Beristirahatlah dari aktivitas tersebut jika mata mulai terasa lelah.

Begitulah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata agar tidak cepat rusak atau mengalami gangguan penglihatan. Lebih baik mencegah daripada harus repot mengobati mata yang bermasalah.

Pun dengan adanya Hari Penglihatan Sedunia, kita sebagai masyarakat diajak untuk lebih sadar mengenai kesehatan mata kita sendiri. Selalu ingat bahwa mata merupakan organ tubuh yang sangat penting bagi kita sehingga jangan sampai membiarkannya mengalami gangguan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.