PT Tiga Puspa

7 Pilihan Menu yang Bersahabat untuk Penderita Maag

7 Pilihan Menu yang Bersahabat untuk Penderita Maag

 

Apakah Anda penderita asam lambung? Penyakit asam lambung atau yang biasa disebut dengan penyakit maag ini merupakan salah satu penyakit yang sudah umum diderita oleh kebanyakan orang di Indonesia. Penyakit ini sendiri ditandai dengan beberapa gejala seperti mual, mulas, kembung, dan masih banyak lagi. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui menu yang bersahabat untuk penderita maag.

Menu yang bersahabat untuk penderita maag bisa jadi solusi tepat bagi Anda yang ingin cepat sembuh dari penyakit maag itu sendiri. Hal ini tak lain karena kebanyakan penyakit maag kambuh hanya karena pilihan makanan yang tidak tepat selama sehari-harinya. Seperti makanan asam hingga makanan pedas.

Untuk itu, sangat dianjurkan bagi Anda mencegah beberapa makanan yang memang tidak dianjurkan untuk penderita maag, seperti dengan mengonsumsi beberapa menu yang bersahabat untuk penderita maag di bawah ini!

 

Menu yang Bersahabat untuk Penderita Maag

Perlu Anda ketahui bahwa mengonsumsi makanan untuk penderita maag memang tidak boleh sembarangan. Ada beberapa pilihan menu yang harus dihindari agar gejala-gejala yang ditimbulkan tidak semakin bertambah dengan parah. Adapun beberapa pilihan menu yang bersahabat untuk penderita maag yang bisa Anda konsumsi adalah:

  1. Sayuran hijau

Menu makanan yang satu ini bisa jadi pilihan tepat saat Anda menderita penyakit maag. Di Indonesia sendiri memiliki banyak jenis sayuran hijau yang bisa Anda temui di pasar tradisional maupun swalayan terdekat. Mulai dari  bayam, kangkung, dan lain sebagainya. Namun tetap pastikan bahwa saat mengolahnya juga dilakukan dengan baik dan benar.

Seperti dengan membuatnya menjadi semangkuk salad sayuran hijau. Anda bisa mengolahnya hanya dengan merebusnya saja. Kemudian, kombinasikan dengan menambahkan minyak zaitun maupun sayuran lainnya yang dapat memicu nafsu makan Anda.

  1. Oatmeal

Menu makanan lain yang bisa Anda pilih adalah oatmeal. Oatmeal sendiri merupakan makanan yang berasal dari gandum. Jika dilihat secara sekilas, menu makanan yang satu ini mirip dengan bubur.

Yang terpenting, selain bersahabat bagi penderita maag makanan yang satu ini dapat mencukupi kebutuhan gizi lainntya di tubuh Anda. Baik itu mangan, fosfor, magnesium, tembaga, folat, zat besi, dan masih banyak lagi.

Supaya Anda lebih nyaman saat memakannya dan baik bagi sistem pencernaan, Anda bisa menghindar pencampuran krim kental tersebut pada oatmeal. Kemudian ganti saja dengan campuran susu rendah lemak maupun susu almond pada semangkuk oatmeal yang akan Anda konsumsi.

  1. Pisang

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang disukai kebanyakan orang. Selain memiliki tekstur yang lembut, buah yang satu ini juga memiliki kandungan zat gizi yang penting dan baik untuk tubuh lho. Terlebih, bagi Anda penderita maag, buah satu ini sangat cocok dijadikan pilihan menu yang bersahabat untuk penderita maag.

  1. Melon

Bagi Anda pecinta buah, melon bisa jadi pilihan tepat selain buah pisang. Atau Anda juga bisa mengolah melon secara bersamaan dengan pisang untuk dijadikan salad sebagai menu yang bersahabat untuk penderita maag. Terlebih, melon juga memiliki kandungan basa yang cukup tinggi. Tentu saja ini menjadi salah satu makanan yang dianjurkan bagi mereka yang menderita sakit maag.

  1. Pepaya

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Pepaya memang cukup populer sebagai makanan yang bermanfaat untuk melancarkan buang air besar. Namun ternyata, khasiat buah pepaya tak hanya sampai disitu saja. Anda bisa mengonsumsinya sebagai menu yang cocok untuk penderita maag.

  1. Putih telur

Selain beberapa makanan di atas, Anda sebagai penderita maag juga bisa mengonsumsi putih telur. Makanan yang satu ini dapat Anda olah pada bagian putihnya saja. Mengapa kuning telur tidak diikut sertakan? Pasalnya, makanan berlemak merupakan makanan yang kurang baik bahkan tidak boleh dikonsumsi bagi penderita maag.

Kuning telur sendiri memiliki kandungan lemak yang terbilang cukup tinggi. Untuk itu, Anda bisa memisahkan kuning telur untuk tidak ikut serta dikonsumsi. Konsumsi saja putih telur yang memiliki kandungan protein tinggi.

  1. Yoghurt

Yoghurt juga bisa Anda pilih dari berbagai makanan penderita sakit maag di atas. Akan tetapi mengonsumsinya pun tetap tidak boleh berlebihan. Dengan jumlah pengonsumsian yang tepat, Anda bisa mendapatkan manfaat dari yoghurt itu sendiri. Seperti efek menenangkan dan membantu mengendalikan rasa tidak nyaman yang ada pada perut.

Itulah beberapa pilihan menu yang bersahabat untuk penderita maag. Dari berbagai menu di atas mana yang akan Anda jadikan pilihan? Semuanya bisa Anda pilih dan dijadikan menu makanan dalam sehari-hari. Selain itu, ada baiknya juga imbangi dengan memilih minuman yang juga bersahabat untuk penderita maag. Yakni dengan menghindari beberapa jenis minuman yang mengandung alkohol, soda, hingga kafein.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.