PT Tiga Puspa

Beragam manfaat oatmeal untuk kesehatan

Tahukah Anda apa saja manfaat oatmeal untuk kesehatan? Nah, dibawah ini akan kita bahas sedikit terkait oatmeal mulai dari kandungan didalamnya hingga beragam manfaatnya untuk kesehatan jika dikonsumsi secara rutin.

Makanan pokok masyarakat Indonesia adalah nasi. Biasanya jika tidak ada nasi, maka mereka akan menggunakan sumber karbohidrat lainnya seperti roti atau kentang. Padahal sebenarnya ada jenis karbohidrat lainnya yang juga sangat bagus untuk tubuh dan kesehatan, yakni oatmeal. Sayangnya rasa oatmeal yang hambar dan juga teksturnya yang asing membuat masyarakat sering menolak oatmeal sebagai menu harian.

                Oatmeal kaya akan beragam vitamin dan mineral yang menjadikannya sangat baik untuk kesehatan. Beberapa kandungannya antara lain vitamin B6, vitamin B3, kalium dan juga kalsium. Tak hanya itu dalam oat juga ada beberapa kimia nabati seperti fenol sebagai antioksidan yang sangat baik untuk pencegahan beragam risiko penyakit kronis.

8 Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan

                Ada banyak manfaat oatmeal untuk kesehatan. Agar Anda semakin tertarik untuk mencobanya, dibawah ini kami berikan sedikit ulasan manfaat dari oatmel. Berikut diantaranya:

  1. Melancarkan saluran pencernaan
    Kandungan serat larut dan tidak larut dalam oatmeal akan membantu mengatasi sembelit. Selain itu juga membantu meningkatkan kesehatan usus.
    Oatmeal yang disajikan dengan buah juga memiliki kadar serat yang tinggi. Karena itu manfaat oatmeal untuk pencernaan sudah tidak perlu diragukan. BAB akan kian lancar dan secara otomatis tubuh juga akan terhindar dari berbagai masalah pencernaan seperti kanker usus.
    Bahkan oatmeal ini juga disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Karena selain menyehatkan, oatmeal juga mengenyangkan.
  2. Menjaga berat badan
    Oatmeal cocok juga dikonsumsi untuk Anda yang diet. Kandungan serat yang cukup tinggi dalam oatmeal membuatnya suli untuk dipecah sehingga tubuh akan kenyang dalam waktu yang lama. Dengan ini kebiasaan ngemil pun akan lebih terjaga. Namun, pastikan pula untuk memerhatikan jumlah porsi asupan makan Anda. Jangan karena memang tinggi serat maka Anda mengonsumsinya tanpa takaran. Apalagi jika oat diberi campuran topping tinggi gula dan tinggi kalori.
    Nah, jika begini bukannya timbangan kian turun, namun bisa naik.
  3. Menurunkan gula darah dan kadar kolesterol jahat
    Kolesterol jahat membuat tubuh tak karuan. Nah, serat larut dalam oat ini akan membantu untuk menurunkan LDL dalam tubuh. Gel kental yang terbentuk dari oat ini mambu membantu menurunkan kolesterol jahat. Tak hanya itu, kadar glukosa dalam darah pun bisa lebih stabil.
    Jadi bisa dikatakan jika oat ini juga sangat baik untuk masalah gula darah dan kolesterol tinggi.
  4. Praktis dan penuh dengan nutrisi
    Oat sangat baik dihidangkan saat sarapan karena nilai gizinya yang dinilai seimbang. Secangkir oat mengandung 4 gram serat, 6 gram protein serta 150 kalori. Nah, jadi jika Anda disini ingin melebihkan sedikit jumlah protein, maka Anda bisa menambahkan dengan sedikit campran mentega almon.
    Tambahan protein dalam oat akan membuat perut terasa kenyang hingga siang hari. Tentu saja ini sangat cocok bagi Anda yang sedang ingin mengurangi ngemil.
  5. No gluten
    Oat termasuk makanan yang bebas gluten. Artinya oat mampu dimanfaatkan tak sekedar sebagai sumber makanan pokok namun juga bisa camilan. Selain itu kabar ini juga menjadi kabar baik untuk mereka yang alergi gluten. Agar manfaat oatmeal ini bisa maksimal, disarankan pula bagi Anda untuk mengecek kemasannya terlebih dulu. Oat pada dasarnya bebas gluten, namun tak jarang beberapa perusahaan mencampurkan gluten didalamnya. Jadi periksa kemasan untuk lebih jelasnya.
  6. Antioksidan tinggi
    Oat memiliki kandungan polifenol yang sangat tinggi. Senyawa avenanthramide yang ada pada polifenol ini bekerja sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah radikal bebas. Radikal bebas ini sendiri jika dibiarkan akan menyebabkan beragam masalah kesehatan mulai dari penyakit kardiovaskular, kulit, dan lain sebagainya.
  7. Menurunkan tekanan darah
    Selain mampu menurunkan gula darah dan kolesterol, oat juga mampu menstabilkan tekanan darah. Namun jika dikonsumsi secara rutin. Hal ini tak lain juga karena adanya kandungan antioksidan didalamnya yang mampu meningkatkan produksi nitric oxide yang mengatur pembuluh darah.
  8. Anti penuaan dini
    Antioksidan yang tinggi mampu menjadikan kulit nampak lebih muda. Ya, manfaat oatmeal untuk kesehatan memang beragam, dan salah satunya juga berdampak pada kesehatan kulit. Untuk perawatan kulit, tak hanya dikonsumsi, oat juga bisa dijadikan sebagai masker.

Nah, diatas adalah beberapa manfaat oatmeal untuk kesehatan. Agar tidak terasa hambar ketika dikonsumsi, campurkanlah oat dengan madu, susu atau campuran lainnya. Namun pastikan menggunakan susu rendah lemak. Selain itu beri beberapa campuran buah seperti beri, pisang sebagai toping agar rasanya lebih nikmat, dan manfaatnya lebih terasa.

Leave a Comment

Your email address will not be published.