PT Tiga Puspa

Beragam Manfaat Pare yang Perlu Anda Ketahui

Pare merupakan tumbuhan merambat yang sangat mudah dijumpai di negara tropis, salah satunya Indonesia. Meskipun cukup melimpah, namun sayuran ini tidak terlalu diminati sebab memiliki rasa yang pahit. Dibalik rasa pahitnya, ternyata manfaat pare sangat beragam. Sudah tahukah Anda apa manfaat tersebut?

Meski terasa pahit serta jarang diminati masyarakat, nyatanya pare memiliki kandungan nutrisi yang cukup penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Sejumlah nutrisi tersebut antara lain vitamin A, B, C dan vitamin K. Di dalam pare terdapat kandugan mineral penting diantaranya potassium, magnesium, seng dan mangan.

Manfaat Pare yang Beragam

Bukan hanya bagus untuk kesehatan tubuh saja, pare juga bisa menjadikan kulit menjadi lebih sehat dan cantik. Berikut ini beberapa manfaat pare bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Selain rendah kalori, pare juga mempunyai kandungan serat yang bagus untuk menjadikan Anda merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Riset dari Nutrition Journal mengungkapkan bahwa pare berfungsi untuk meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh serta menurunkan kadar lemak pada perut.

  1. Menurunkan kadar gula dalam darah

Manfaat pare lainnya adalah menurunkan kadar gula darah. Hal ini sangat bagus untuk membantu mengatasi gejala diabetes. Pare berperan untuk menstimulasi produksi insulin serta meningkatkan proses pencernaan gula pada tubuh.

Disamping itu, pare juga bermanfaat untuk menurukan kadar fruktosamin yang mampu membantu Anda dalam mengatur kadar gula dalam darah di waktu yang lama.

  1. Menurunkan kolesterol

Pada dasarnya, manfaat pare untuk menurunkan kolesterol ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Akan tetapi, berdasarkan riset awal, pare dianggap bisa membantu menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan juga trigliserida.

Dengan kolesterol yang rendah akan membantu Anda dalam mencegah resiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah maupun terserang penyakit jantung. Oleh karena itu, kesehatan jantung pun akan selalu terjaga secara optimal.

  1. Mengandung nutrisi tinggi

Jangan salah, kandungan nutrisi dalam pare sangat bagus untuk kesehatan tubuh Anda. Pare memiliki banyak senyawa penting diantaranya vitamin A, vitamin C, folat dan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

  1. Mengatasi kanker

Manfaat pare ini memang masih memerlukan penelitian lebih lanjut, namun pare dianggap mampu membunuh sel kanker pada usus besar, perut, nasofaring dan paru-paru. Sayuran ini juga diyakini bisa menghambat pertumbuhan serta penyebaran sel kanker payudara.

  1. Melawan inflamasi

Kandungan antioksidan dalam pare memiliki kemampuan untuk mencegah peradangan dalam tubuh. Inilah alasan mengapa pare diyakini mampu melawan peradangan atau inflamasi di dalam tubuh.

  1. Menjaga sistem saluran cerna

Selain rendah kalori, pare juga bagus untuk menjaga saluran pencernaan. Hal ini karena pare mengandung serta yang bagus untuk melancarkan BAB dan mengatasi sembelit. Di samping itu, kandungan serat di dalam pare juga bagus untuk menjaga keseimbangan bakteri di saluran cerna.

  1. Membantu menyembuhkan HIV dan herpes

Berdasarkan riset melalui Biomedical & Pharmacology Journal, pare mengandung senyawa baik yang disebut MAP30. Kandungan senyawa ini berfungsi untuk menghambat terjadinya infeksi virus HIV. Artinya senyawa MAP30 ini berperan dalam meningkatkan sel yang bagus untuk melawan infeksi.

Disamping itu, senyawa ini juga berpotensi penting dalam mempercepat penyembuhan bagi penderita herpes simpleks virus-1. Cara kerjanya yakni menekan jumlah virus supaya tidak berkembang sekaligus melemahkannya.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Di dalam sayuran pare terdapat kandungan vitamin K yang ternyata bermanfaat untuk membantu menyehatkan kepadatan tulang yakni dengan mempercepat pengedaran kalsium di seluruh tubuh.

Kandungan vitamin K ini juga berfungsi untuk menjadikan tulang semakin kokoh sebab membantu proses produksi protein osteokalsin.

  1. Menjaga sistem imun dalam tubuh

Pare juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh. Karena, terdapat kandungan vit C yang berperan penting dalam melindungi tubuh dari ancaman infeksi bakteri. Disamping itu, riset juga menunjukkan bahwa pare mengandung nutrisi penting yang bagus sebagai antivirus, antibakteri, dan anthelmintik, yakni mengatasi parasit cacing di dalam tubuh.

Cara Mengolah Pare

Bagi Anda yang hobi memasak mungkin sudah memiliki cara jitu tersendiri dalam memasak pare agar tidak terasa pahit. Pare bisa diolah dengan membersihkannya dengan benar agar tidak terasa pahit.

  • Pertama, cuci pare sampai bersih sebelum dipotong maupun dikeluarkan bijinya (salah satu trik yang sering dilakukan agar rasa pahit dari pare bisa berkurang adalah mencucinya dengan air garam lalu diremas ringan serta dibilas beberapa kali)
  • Lalu, Anda bisa mengiris sayuran pare sesuai selera Anda
  • Kemudian masa pare sesuai selera, baik secara ditumis, digoreng, dipanggang atau dikukus.

Manfaat pare untuk kesehatan sudah terbukti secara medis, bahkan memiliki potensi cukup tinggi untuk mengatasi resiko berbagai macam penyakit. Meskipun rasanya pahit, namun tidak ada salahnya Anda mencoba mengkonsumsinya demi mendapatkan khasiat yang terkandung di dalamnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.