PT Tiga Puspa

Keputihan Seperti Karet, Segera Ketahui Penyebabnya

Seorang wanita tentu sudah tidak asing lagi saat mendengar kata keputihan. Namun, pernahkah Anda menemui kondisi keputihan seperti karet? Apakah hal tersebut merupakan hal yang normal? Pada dasarnya keputihan merupakan hal yang dialami oleh semua wanita. Hanya saja terdapat beberapa keputihan yang tergolong normal dan tidak normal.

Pada keputihan yang tidak normal tersebut perlu Anda waspadai. Anda perlu segera memeriksakan diri ke petugas kesehatan terdekat. Hal ini dilakukan untuk mengetahui penyebab, gejala, serta ciri-ciri keputihan yang Anda alami tersebut,.

Apabila keputihan seperti karet yang Anda alami, maka jelaskan secara rinci keluhan apa saja yang Anda rasakan. Dengan begitu, petugas kesehatan akan lebih tepat untuk memberikan penanganan sekaligus bagaimana cara mengatasinya agar keputihan tersebut tidak terjadi lagi.

Untuk itu, sebagai seorang wanita saat Anda mengalami keputihan seperti karet tidak perlu resah dan khawatir terlebih dahulu. Anda bisa mencari tahu informasi lebih lengkap sebagai bekal dan informasi diri dalam mengetahui seperti apa keputihan itu di bawah ini.

 

Apa Itu Keputihan?

Keputihan merupakan salah satu kondisi umum yang terjadi oleh setiap wanita. Umumnya kondisi tersebut normal terjadi akibat adanya pengaruh hormone esterogen dan juga progesterone yang ada di dalam tubuh. Pada dasarnya, keputihan itu sendiri hadir secara normal dan lumrah yang dapat bermanfaat untuk miss v.

Keputihan yang normal tersebut dapat menjadikan miss v wanita berada dalam keadaan yang kering serta bebas dari serangan infeksi. Adapun kondisi dari keputihan itu sendiri adalah jernih, tidak berbau, dan memiliki jumlah yang masih dalam batasan normal.

Selain keputihan yang normal tersebut, terdapat pula jenis keputihan lain yang terjadi akibat infeksi bakteri maupun jamur. Infeksi tersebut umumnya memiliki ciri dengan warna yang menyerupai cairan kehijauan, memiliki bau yang sangat amis, serta terkadang keputihan bercampur dengan darah.

Selanjutnya, keputihan yang tidak normal tersebut akan menyebabkan perut bagian bawah mengalami rasa nyeri. Tak hanya itu, ia juga dapat menjadikan kemaluan atau miss v menjadi gatal-gatal. Lantas, apakah keputihan seperti karet Anda menyerupai ciri-ciri keputihan yang tidak normal tersebut?

Sebagai informasi lebih lanjut, ada baiknya Anda mengetahui jenis keputihan normal dan tidak normal tersebut pada penjelasan di bawah ini.

 

Jenis-jenis Keputihan yang Perlu Anda Ketahui

Di bawah ini beberapa jenis keputihan yang perlu diketahui, demi kesehatan miss v Anda sendiri:

  1. Keputihan fisiologis

Merupakan jenis keputihan normal dimana Anda tidak perlu mengkhawatirkan kedatangannya. Umumnya, keputihan tersebut akan terjadi saat seorang wanita sudah mengalami menstruasi. Atau keputihan juga dapat terjadi saat seorang wanita mendapatkan rangsangan.

Adapun beberapa ciri keputihan normal yang bisa Anda ketahui, seperti:

  1. Cairan keputihan memiliki warna bening atau transparan
  2. Carian memiliki karakteristik yang encer
  3. Cairan tidak lengket
  4. Tidak menyebabkan gatal dan bau
  5. Cairan yang keluar berjumlah sedikit
  6. Keputihan patologis

Jenis keputihan yang satu ini merupakan jenis keputihan yang tergolong tidak normal. Anda tentu perlu mewaspadai mengenai jenis keputihan yang satu ini. Beberapa keputihan yang terjadi tersebut bisa jadi menjadi sinyal penyakit dari organ kewanitaan. Kemudian, apabila keputihan jenis ini terjadi pada ibu hamil, maka bisa saja janin yang tumbuh terganggu kesehatannya.

Adapun beberapa ciri-ciri keputihan tersebut antara lain:

  1. Memiliki cairan yang kental
  2. Cairan memiliki karakteristik yang terkadang lengket
  3. Cairan memiliki bau yang tidak sedap
  4. Umumnya cairan keputihan jenis patologis ini berwarna kuning, hijau, putih susu, atau abu-abu
  5. Keputihan menyebabkan gatal
  6. Apabila jumlah cairan banyak maka ia akan meninggalkan bercak pada pakaian dalam

Itulah beberapa ciri keputihan yang bisa Anda ketahui. Apabila Anda mengalami keputihan seperti karet, maka ada baiknya cek terlebih dahulu apakah ciri-ciri tersebut apakah termasuk keputihan fisiologis atau keputihan patologis. Lantas, kira-kira apa yang menyebabkan terjadinya keputihan patologis tersebut?

 

Apa Saja Penyebab Terjadinya Keputihan Patologis?

Terdapat beberapa penyebab keputihan patologis atau keputihan tidak normal yang mungkin belum Anda ketahui. Berikut beberapa penyebab tersebut:

  1. Reaksi alergi

Hal ini merupakan reaksi yang terjadi pada daerah vagina. Umumnya, penyebab keputihan tersebut terjadi akibat mpenggunaan sabun pembersih, tisu toilet, pakaian dalam, dan lain sebagainya. Reaksi alergi disini umumnya tak hanya menimbulkan gejala keputihan, tetapi juga area vagina yang memerah, rasa gatal pada vagina, serta vagina yang nyeri saat buang air bahkan berhubungan seks.

  1. PCOS

PCOS atau sindrom ovarium polikistik merupakan sebuah penyakit dengan ditandai keputihan yang berlebihan. Umumnya hal ini terjadi akibat ketidakseimbangan hormone androgen di dalam tubuh. Hal tersebut menyebabkan siklus menstruasi seorang wanita menjadi tidak teratur, dengan begitu berpotensi munculnya keputihan berlebihan.

  1. Infeksi jamur

Merupakan salah satu penyebab keputihan tidak normal selanjutnya. Umumnya hal ini terjadi akibat adanya jamur Candida yang perkembangbiakannya tidak terkendali. Hal tersebut terjadi bisa karena pengonsumsian antibiotic, pemakaian pakaian dalam yang terlalu ketat, sistem kekebalan tubuh lemah, sampai tekanan darah tinggi.

  1. Vaginosis bakterial

Merupakan salah satu penyebab keputihan tidak normal yang terjadi akibat tumbuhnya bakteri. Pada umumnya wanita yang mengalami vaginosis bakterial dapat menyebabkan gejala keputihan yang berlebih. Hal tersebut juga ditandai dengan adanya perubahan warna serta aroma yang begitu menyengat setelah melakukan hubungan seks.

Jadi, untuk mengetahui keputihan seperti karet yang Anda alami ada baiknya untuk segera mengonsultasikan hal tersebut kepada pihak kesehatan. Pasalnya, keputihan yang normal umumnya memiliki warna yang jernih dan tidak menimbulkan bau.

Leave a Comment

Your email address will not be published.