PT Tiga Puspa

Kanker Lambung : Penyebab, Gejala, Pengobatan dan Pencegahannya

Kanker lambung merupakan jenis penyakit kanker atau keganasan yang ditemui pada bagian lambung. Kondisi ini menempati urutan nomor 4 sebagai penyebab kematian karena kanker di dunia. Pada dasarnya organ lambung memiliki empat lapisan yakni mukosa, muskularis, submukosa, dan serosa. Pada umumnya kanker tumbuh di lapisan mukosa lalu dapat tumbuh dengan lebih dalam pada lapisan lainnya.

Mukosa itu sendiri adalah lapisan lambung dengan sel-sel yang mengeluarkan berbagai macam cairan. Asam lambung, enzim dan juga hormon merupakan beberapa jenis cairan di dalam mukosa.

 

Penyebab Kanker Lambung

Penyebab terjadinya penyakit kanker ini belum diketahui secara pasti. Namun terdapat sejumlah faktor resiko, seperti :

  • kebiasaan merokok
  • memiliki golongan darah A
  • jenis kelamin laki-laki
  • usia lebih dari 55 tahun
  • pola makan tinggi kandungan garam, daging merah, acar dan rendah serat
  • riwayat operasi pada bagian lambung
  • beberapa kondisi medis misalnya tukak lambung dan pernicious anemia
  • terdapat riwayat keluarga yang mengalami penyakit serupa

 

Gejala Kanker Lambung

Saat organ lambung dalam tubuh terkena kanker, maka organ tersebut tidak bisa menjalankan fungsinya dengan maksimal. Kanker tersebut bisa terjadi karena adanya pertumbuhan jaringan secara cepat serta tidak normal di dinding lambung. Kondisi ini dapat memicu berbagai gejala, antara lain:

  1. Rasa sakit pada bagian perut sebelah kiri

Kondisi ini terjadi akibat pertumbuhan abnormal di lambung yang mengakibatkan kanker. Banyak yang mengira bahwa kondisi ini terjadi karena penyakit maag atau asam lambung. Oleh karena itu, untuk bisa mengetahui lebih lanjut sebaiknya segera periksa ke dokter jika perut sebelah kiri terasa sakit.

  1. Mual dan muntah

Kondisi ini juga merupakan gejala kanker lambung. Rasa mual dan muntah dapat membuat nafsu makan berkurang, sehingga tubuh menjadi lemah dan kondisi badan memburuk.

  1. Cepat kenyang ketika makan

Gejala kanker lambung yang lain adalah cepat merasa kenyang ketika makan. Hal ini terjadi akibat kanker yang tumbuh dan menjadikan lambung terasa sangat penuh dan membuat perut terasa kenyang saat ada makanan masuk.

Mungkin memang sulit untuk mengetahui bahwa gejala ini termasuk salah satu gejala kanker pada lambung, karena tidak sedikit mereka yang merasa kenyang meskipun tidak ada indikasi adanya kanker pada lambung mereka.

  1. Muntah darah

Pada gejala yang sudah sangat parah akibat adanya kanker pada lambung, dapat mengakibatkan muntah darah. Hal ini sama halnya dengan kasus di atas yakni akibat pertumbuhan abnormal pada bagian lambung sehingga mengakibatkan gesekan pada dinding lambung.

Dengan demikian kanker tersebut mengakibatkan darah keluar. Darah yang keluar tersebut tidak dicerna oleh lambung hingga akhirnya keluar melalui muntah.

  1. Perut bisa membengkak

Bengkak pada perut juga bisa terjadi akibat pertumbuhan abnormal pada organ lambung. Kanker ini mengakibatkan lambung membengkak hingga akan nampak bahwa perut menjadi bengkak. Mungkin banyak yang mengira bahwa perut yang membengkak tersebut akibat perut kembung, namun jika disertai rasa sakit yang sangat luar biasa itu berarti merupakan gejala kanker lambung.

  1. Berat badan menurun

Nafsu makan yang berkurang dapat memicu turunnya berat badan, sebagai akibat rasa mual dan muntal maupun saat perut terasa kenyang ketika makan. Hal ini menjadikan berat badan turun secara drastis.

 

Pengobatan Kanker Lambung

Upaya yang bisa dilakukan untuk mengobati kanker pada lambung tergantung pada lokasi, ukuran dan juga jenis kanker. Beberapa upaya pengobatan umumnya meliputi pembedahan, radioterapi, kemoterapi dan imunoterapi.

 

Pencegahan Kanker Lambung

Berikut ini beberapa langkah yang bisa diambil untuk mencegah terjadinya penyakit kanker pada lambung.

  1. Olahraga

Melakukan aktifitas olahraga secara teratur setiap harinya dikaitkan dengan pencegahan resiko kanker pada lambung. Anda bisa mencoba melakukan kegiatan olahraga ringan misalnya jogging, jalan santai ataupun bersepeda.

  1. Konsumsi banyak sayur dan buah

Selain bagus untuk kesehatan kulit, mengkonsumsi banyak buah dan sayur juga dapat mencegah resiko adanya kanker pada lambung. Anda bisa mencoba menambahkan menu sayur dan buah dalam makanan keseharian Anda. Pilihlah buah-buahan dan sayuran beragam setiap harinya agar Anda tidak merasa bosan.

  1. Mengurangi asupan makanan asin atau asap

Untuk melindungi kesehatan perut Anda sebaiknya Anda mengurangi konsumsi berbagai makanan yang mengandung banyak garam atau makanan yang diolah dengan cara diasapi.

  1. Berhenti merokok

Bagi Anda yang merupakan perokok aktif, usahakan untuk berhenti merokok sedari sekarang. Jika Anda belum merokok maka jangan sekali-kali mencoba untuk merokok. Hal ini karena selain tidak bagus untuk kantong Anda pastinya, aktivitas merokok juga menimbulkan berbagai macam penyakit salah satunya kanker lambung. Oleh sebab itu, sayangi diri Anda dan juga orang-orang disekitar Anda dengan cara tidak merokok.

Kanker lambung merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya yang jika dibiarkan dapat merenggut nyawa. Kadang penderita tidak menyadari akan adanya kanker ini pada bagian lambung, untuk itu selalu jaga kondisi kesehatan dengan menerpakan pola hidup yang sehat setiap saat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.