PT Tiga Puspa

7 Makanan yang Mengandung Vitamin C

7 Makanan yang Mengandung Vitamin C 

 

Kesehatan merupakan suatu hal yang sangat berharga bagi tubuh Kita karena nilainya sangat berarti dan sangat mahal. Tubuh Kita pasti memerlukan cukup makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna. Mulai dari nasi, lauk pauk, sayur mayur, buah-buahan dan susu sebagai penyempurna. Dan, selain itu tubuh juga memerlukan vitamin, salah satunya yaitu makanan yang mengandung vitamin C.

 

Makanan yang Mengandung Vitamin C

Tubuh ini harus cukup dengan makanan yang mengandung vitamin C. Karena ketika tubuh ini kekurangan vitamin C, maka ada bagian-bagian yang terhambat fungsinya hingga rentan terkena penyakit.

Ada beberapa penyakit yang akan diderita oleh Kita, jika kita kekurangan vitamin C mulai dari yang ringan hingga yang kronis. Guna menghindari hal tersebut Kita harus memenuhi asupan vitamin dengan tepat, khususnya vitamin C. Dibawah ini adalah beberapa makanan yang mengandung vitamin C yang bisa dijadikan sebagai asupan makanan harian:

  1. Jeruk

Jeruk adalah buah yang mengandung vitamin C. Biasanya ketika bibir disebabkan karena Kita kurang makanan yang mengandung vitamin C.

Jeruk adalah salah satu sumber vitamin C yang masuk kategori tinggi. Rasanya yang cenderung asam, manis dan segar membuat banyak orang menyukainya. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis jeruk dipasaran dengan rasa khas yang berbeda-beda. Mulai dari jeruk keprok, manalagi, bali, dan lain sebagainya.
Pada intinya semuanya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Nah, tinggal disesuaikan saja dengan selera..

  1. Lemon

Lemon termasuk buah yang mengandung vitamin C dan ampuh untuk mengatasi penyakit akibat kekurangan vitamin C seperti sariawan. Seperti yang kita ketahui, sariawan adalah penyakit yang menyerang rongga mulut biasanya terletak di bibir bisa juga terletak di dinding mulut. Namun sariawan ini dapat juga di lidah Kita. Salah satu solusi untuk mengatasi sariawan yakni dengan memperbanyak asupan vitamin C salah satunya dengan lemon.

Bagi orang yang dewasa laki=laki disarankan mengkonsumsi sekitar 90 mg vitamin C per hari, untuk anak-anak biasanya mengkonsumsi sekitar 85 mg vitamin C per hari, sedangkan untuk orang wanita biasanya mengkonsumsi vitamin C kurang lebih 50-75 mg vitamin per hari.

  1. Brokolli

Brokolli adalah sayuran baik bagi tubuh juga mengandung vitamin C. Wanita selalu ingin berpenampilan sempurna dimana pun Dia berada dan dimanapaun mata yang memandangnya. Salah satunya dengan memiliki kulit yang halus dan indah.

Sehingga tak jarang jika wanita banyak yang mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C serta menyukai buah-buahan dan sayur sayuran misalnya brokolli. Dalam 100gram brokoli terdapat kisaran 89mg vitamin C. Nah, cukup tinggi bukan?

  1. Pepaya

Pepaya yaitu buah yang manis dan mengandung vitamin C. Kulit terkadang  mudah memar dan terlihat letih merah pucat. Kulit memar terkadang penyebabnya lelah. Akan tetapi kulit memar juga disebakan tubuh kekurangan asupan vitamin C. Kandungan vitamin C dalam pepaya ini sedikit lebih tinggi dari buah jeruk yakni sekitar 94mg dalam 1 buahnya.
Selain memenuhi asupan vitamin C, Kita sebaiknya harus menjaga pola makan dan istirahat. Agar kulitpun dapat sehat yang semestinya rajinlah mengkonsumsi pepaya.

  1. Stroberi

Stroberi termasuk buah yang  sangat banyak diminati oleh orang-orang. Buah yang segar dan warna yang merah menggoda. Dalam sekitar 150mg stroberi mengandung sekitar 100mg vitamin C. Selain itu buah dengan warna merah dan rasa yang cenderung asam ini juga kaya akan serat mineral seperti magnesium, kalium, dan kaya akan asam folat.
Kandungan antioksidan dalam stroberi juga mampu mencegah beragam penyakit misalnya penyakit kanker.

  1. Nanas

Banyak dari Kita yang suka sekali dengan buah. Salah satunya nanas. Nanas mempunyai warna yang menarik yaitu kuning. Dengan rasa yang manis campur dengan kecut membuat segar di tenggorokkan. Nanas juga mengandung vitamin C, yakni sekitar 39-49 mg dalam 1 buahnya sehingga baik bagi tubuh yang sehat.
Selain itu nanas juga terkenal dengan kandungan enzim bromelain yakni semacam enzim protein yang membantu memecah protein dalam makanan. Nah, enzim ini juga memiliki fungsi sebagai antiradang dan mengurangi kembung.

  1. Pisang

Pisang mempunyai daging buah yang lembut yang banyak disukai oleh orang pada jenjang usia mulai dari anak kecil, remaja maupun orang dewasa bahkan usia lanjut. Pisang rasanya manis dan segar. Pisang memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yakni sekitar 8.7mg per 100mg nya. Selain itu pisang juga memiliki banyak kandungan mineral seperti kalium, magnesium, dan juga kalori yang tinggi.

Olek karena itu bagi Anda yang mungkin sekarang ini mengalami beberapa gejala penyakit seperti sariawan, kulit kering, mudah terserang pilek, maka tandanya tubuh Anda kurang asupan vitamin C. Nah, jika sudah begitu maka cara terbaik yakni dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C diats. Selain beberapa makanan diatas masih banyak lagi lainnya lho, seperti cabai, mangga, buah jambu dan lain sebagainya.

Jangan menyepelekan masalah yang diakibatkan karena tubuh kurang vitamin C karena dapat berakibat fatal. Jadi cukupilah asumsi vitamin C bagi tubuh Kita agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Leave a Comment

Your email address will not be published.