PT Tiga Puspa

Wajib dicatat, manfaat rempah untuk kesehatan

Wajib Dicatat, Manfaat Rempah Untuk Kesehatan

 

Sebagai penduduk asli pribumi, tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya rempah-rempah. Biasanya rempah-rempah digunakan sebagai bumbu atau penyedap masakan sehari-hari dan beberapa rempah tertentu juga digunakan sebagai obat-obatan tradisional. Tentunya manfaat rempah untuk kesehatan ini sudah banyak diketahui oleh masyarakat di Indonesia pada umumnya.

Rempah biasanya berasal dari umbi, daun, batang, biji atau buah dari tumbuh-tumbuhan tertentu. Seperti jahe, lengkuas, lada, kunyit, kayu manis, daun salam dan lain sebaginya.di Indonesia Anda dapat menemukan semua jenis rempah-rempah. Karena Indonesia sudah terkenal akan rempah-rempahnya sejak zaman sebelum penjajahan.

Selain untuk penyedap makanan, ada banyak manfaat rempah untuk kesehatan juga. Khasiat yang terkandung dalam rempah-rempah dipercaya dapat melawan berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus, jamur atau bakteri.

 

Manfaat Rempah untuk Kesehatan

Rempah-rempah sudah dikenal dan digunakan sejak lama diberbagai belahan dunia, terutama dibidang  perdapuran. Selain itu juga ada beberapa manfaat rempah  untuk kesehatan. Berikut ini manfaat rempah yang cukup berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan:

  1. Penangkal virus corona

Manfaat rempah untuk kesehatan yang satu ini sedang banyak diperbincangkan segala kalangan. Pasalnya rempah-rempah dipercaya dapat menangkal virus yang sedang menyerang berbagai belahan dunia. Terutama di Indonesia yang kaya akan rempah-rempah ini.

Sebuah penelitian menyebutkan ada beberapa rempah yang dapat digunakan untuk menangkal virus corona. Rempah yang dapat digunakan adalah rempah yang mengandung curcuma, diantaranya kunyit, jahe dan temulawak.

  1. Menyehatkan jantung

Manfaat rempah untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk menyehatkan jantung. Kukurmin dapat meningkatkan fungsi dari endotel atau selaput tipis yang menutupi bagian dalam jantung dan pembuluh darah.

  1. Menyehatkan otak

Kesehatan juga dapat dibantu dengan konsumsi makanan atau minuman yang mengandung rempah-rempah. Kurkumin atau rempah-rempah lainnya dapat meningkatkan level BDNF otak. Sehingga dapat melawan banyak penyakit otak serta penuaan fungsi otak yang disebabkan oleh faktor usia.

  1. Mencegah tumor

Salah satu manfaat rempah bagi kesehatan adalah dapat mencegah tumbuhnya tumor. Pertumbuhan tumor berkaitan dengan adanya peradangan, oleh karena itu dibutuhkan senyawa anti inflamasi seperti kurkumin yang terdapat pada kunyit.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kurkumin bisa dimanfaatkan untuk menghambat perkembangan tumor bahkan mencegah tumbuhnya tumor.  Selain kurkumin pada kunyit, kayu manis juga dipercaya memiliki kansungan cinnamaldehynes yang mempunyai sifat anti kanker dan anti tumor.

  1. Menjaga tekanan darah

Manfaat rempah bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat mejaga tekanan darah tetap normal, sehingga mencegah dari terjadinya tekanan darah tinggi ataupun tekanan darah rendah.

Dalam sebuah penelitian, menyatakan jahe dapat digunakan untuk menjaga kestabilan tekanan darah tinggi. Termasuk hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Dalam penelian hewan, juga disebutkan bahwa jahe terbukti dapat meningkatkan sirkulasi darah serta mengendurkan otot di sekitar pembuluh darah. Dan juga dapat menurunkan tekanan darah rendah menjadi normal kembali.

  1. Mencegah kanker

Manfaat rempah untuk kesehatan juga berperan penting untuk mengatasi penyakit kanker. Beberapa rempah dipercaya dapat mencegah penyakit-penyakit kanker tertentu. Diantanya adalah lengkuas dan bawang putih.

Langkuas mengandung zat antioksidan yang mampu memperbaiki sel-sel tubuh yang terkena radikal tubuh dan berbagai racun yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, lengkuas juga memiliki sifat anti kanker yang berasal dari salah satu komponennya yang bernama galangin. Sehingga dapat mencegah kanker paru-paru dan kanker payudara. Bahkan dapat menyembuhkan kanker kulit melanoma, kanker usus besar dan hepatoma.

Sedangkan bawang putih yang mengandung anti oksidan yang tinggi dan bersifat anti jamur merupakan anti septik yang kuat. Rempah ini berfungsi untuk membersihkan sel  tubuh internal serta melindungi sistem pencernaan dari kanker dan juga penyakit-penyakit lainnya.

  1. Meredakan peradangan

Untuk meredakan peradangan dibutuhkan rempah-rempah yang mengandung anti inflamasi, diantaranya adalah bawang putih, kunyit, jahe, paprika merah panas, kayu manis, dan rosemary.

  1. Meningkatkan pencernaan

Manfaat rempah untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat meningkatkan pecernaan. Kunyit dan jahe dapat membantu Anda dalam masalah pencernaan yang Anda alami. Kunyit dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan serta produksi asam lambung. Sedangkan jahe, dapat digunakan untuk mengurangi rasa berat di perut.

Pada ibu hamil, jahe juga memiliki peran penting yaitu berkhasiat untuk mengatasi rasa mual dengan toksikosis.

  1. Memudahkan bernafas saat batuk

Beberapa rempah dapat mempermudah Anda bernafas ketika Anda sedang batuk. Diantaranya adalah daun salam, kapulaga dan cengkeh. Selain itu, rempah-rempah tersebut dapat membersihkan selaput lendir dan juga dapat digunakan untuk beberapa  penyakit pada saluran pernafasan bagian atas.

Manfaat rempah untuk kesehatan yang disebutkan di atas memang hanyalah beberapa, belum mencakup semua rempah-rempah yang ada di negeri ini. Namun, alangkah baiknya jika dapat dipahami dan realisasikan dalam kehidupan.

Yang perlu digaris bawahi adalah Anda harus bersabar ketika menggunakan rempah rempah sebagai obat atau pencegahan suatu penyakit.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *