PT Tiga Puspa

Manfaat Lemon Bagi Penderita Asam Lambung

Bagi penderita asam lambung pasti akan sangat menghindari beberapa jenis makanan yang memiliki rasa pedas atau asam karena bisa memicu asam lambung. Namun berbeda halnya dengan buah lemon. Meskipun memiliki rasa yang asam, namun ternyata lemon termasuk jenis buah yang bagus dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Bahkan manfaat lemon untuk penderita asam lambung ternyata sudah dikenal sejak dahulu dan terus dimanfaatkan hingga saat ini.

 

Benarkah Lemon Bisa Mengatasi Asam Lambung?

Banyak orang yang selama ini beranggapan bahwa lemon termasuk jenis buah yang bisa memicu naiknya asam lambung karena rasanya yang asam. Padahal buah lemon justru mengandung banyak asam askorbat serta alkali yang bagus untuk menyembuhkan asam lambung. Asam askorbat sendiri merupakan senyawa kimia yang sering dikenal dengan sebutan vitamin C.

Dengan mengkonsumsi lemon, maka penderita asam lambung bisa menambah mineral alkali di dalam tubuhnya karena mineral tersebut bersifat basa. Biasanya sebelum dicerna dalam tubuh, lemon memang termasuk asam yang memiliki kadar pH di bawah 7.  Akan tetapi saat lemon dicerna serta masuk dalam aliran darah maka sifat lemon tersebut akan berubah menjadi basa dan memiliki pH di atas 7. Dengan demikian manfaat lemon untuk penderita asam lambung tak perlu dikhawatirkan lagi.

 

Manfaat Lemon untuk Penderita Asam Lambung

Dibalik rasanya yang asam ternyata buah lemon sangat bagus dikonsumsi secara rutin oleh penderita asam lambung. Bahkan lemon tersebut lama kelamaan akan membantu proses penyembuhan asam lambung. Jadi para penderita asam lambung bisa mencoba melakukan pengobatan asam lambung secara alami tanpa efek samping dengan menggunakan lemon.

Lalu apa saja manfaat lemon untuk penderita asam lambung? Berikut penjelasannya:

  1. Menetralisir Asam Lambung

Lemon memang mempunyai rasa yang asam. Namun saat lemon tersebut dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh maka rasa asam tersebut akan berubah sifatnya menjadi basa sehingga manfaat lemon untuk penderita asam lambung yaitu bisa membantu menetralisir asam lambung. Jadi ketika asam lambung kambuh dan menyebabkan rasa sakit yang menyiksa maka bisa diatasi dengan mengkonsumsi air perasan lemon. Selain itu, sebagai pencegahan sebaiknya lemon dikonsumsi secara rutin.

  1. Dapat Meredakan Nyeri Lambung

Manfaat lemon untuk penderita asam lambung berikutnya yaitu membantu meredakan nyeri lambung yang disebabkan oleh peradangan di dalam lambung. Untuk memperoleh manfaat tersebut, penderita asam lambung sebaiknya mengkonsumsi lemon setiap hari.

  1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat lemon untuk penderita asam lambung juga dapat membantu memperlancar pencernaan karena kandungan vitamin A dan vitamin C dalam lemon. Namun dalam hal ini lemon sebaiknya dikonsumsi dengan madu agar khasiatnya lebih optimal.

  1. Melarutkan Bakteri di Dinding Lambung dan Usus

Jika lemon dikonsumsi secara rutin maka manfaat lemon untuk penderita asam lambung salah satunya yaitu membuat bakteri di dalam dinding lambung dan usus akan perlahan-lahan larut. Selain itu, gangguan asam lambung juga akan perlahan hilang.

  1. Meredakan Gejala Asam Lambung

Bagi Anda yang saat ini mulai merasakan adanya gejala asam lambung sebaiknya segera konsumsi lemon secara rutin. Sebab lemon juga bagus untuk meredakan gejala asam lambung sehingga gejala tersebut tidak semakin parah.

 

Cara Mengkonsumsi Lemon Bagi Penderita Asam Lambung

Bagi Anda yang ingin membuktikan sendiri manfaat lemon untuk penderita asam lambung, sebaiknya ketahui cara mengkonsumsi lemon tersebut secara tepat. Meskipun lemon bagus bagi penderita asam lambung, namun bukan berarti bisa dikonsumsi sembarangan. Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara mengkonsumsi lemon untuk penderita asam lambung:

  1. Mencampur Lemon dengan Air

Bila Anda ingin mengkonsumsi lemon sebagai obat asam lambung, sebaiknya campurkan air perasan lemon sebanyak satu sendok makan dengan satu gelas air.

  1. Minum Air Lemon Sebelum Makan

Anda bisa mengkonsumsi lemon sebelum makan yakni sekitar 20 menit sebelum makan. Cara ini dapat membantu mencegah terjadinya gejala-gejala yang mungkin dapat dipicu oleh makanan.

  1. Menggunakan Sedotan

Agar memperoleh manfaat lemon untuk penderita asam lambung sebaiknya air lemon diminum menggunakan sedotan. Cara ini dapat membantu menceah terjdinya pengikisan lapisan gigi karena kandungan asam air lemon yang bersentuhan secara langsung dengan gigi. Selain itu, pastikan air lemon tersebut dicampur dengan air terlebih dahulu supaya lebih efektif meredakan asam lambung.

  1. Minum Saat Pagi Hari

Waktu terbaik untuk minum air lemon yaitu ketika pagi hari terutama saat perut masih kosong. Caranya dengan memeras air lemon lalu campurkan bersama air hangat.

  1. Mencampur Lemon dengan Madu

Jika air lemon terlalu asam maka tambahkan madu agar terasa lebih manis tetapi tidak mengurangi manfaat utama lemon tersebut.

  1. Mencampur Air Lemon dan Jahe

Selain dicampur dengan madu, air lemon untuk penderita asam lambung juga tak kalah bagus dicampur dengan jahe. Dengan demikian lemon tersebut tidak hanya bagus untuk meredakan asam lambung tetapi juga meningkatkan daya tahan tubuh.

Berdasarkan penjelasan di atas kini para penderita asam lambung tidak perlu takut mengkonsumsi lemon. Sebab manfaat lemon untuk penderita asam lambung tak perlu diragukan lagi dan sudah banyak dibuktikan. Namun pastikan mengkonsumsi lemon tersebut secara benar dan tepat agar manfaatnya bagi asam lambung benar-benar bisa Anda rasakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.