PT Tiga Puspa

Rekomendasi Buah untuk Lambung Perih Akibat Asam Lambung

Rekomendasi Buah untuk Lambung Perih Akibat Asam Lambung

Bagi penderita asam lambung pasti sering mengalami lambung perih dan nyeri saat isi perut naik ke kerongkongan atau esofagus. Kondisi ini disebabkan oleh pita esofagus bagian bawah yang tidak menutup atau mengencang dengan benar sehingga cairan dari dalam lambung kemungkinan naik serta isi perut naik menuju kerongkongan. Padahal dalam kondisi normal, pita esofagus tersebut bisa terbuka ketika menelan lalu kemudian menutup.

Asam lambung bisa diobati menggunakan antasida dan didukung oleh pola makan yang sehat, teratur dan seimbang. Selain itu, hindari kebiasaan ngemil dalam porsi besar di sela-sela jam makan. Namun tak perlu khawatir karena penderita asam lambung masih bisa ngemil beberapa jenis buah untuk lambung perih yang dijamin aman dikonsumsi dan tidak memicu naiknya asam lambung.

 

Jenis-Jenis Buah untuk Lambung Perih

Perlu Anda ketahui bahwa penderita asam lambung memang sangat dianjurkan mengkonsumsi buah dan sayur segar dengan jumlah banyak. Adapun untuk jenis buah yang dipilih sebaiknya merupakan buah dengan tingkat keasaman rendah agar tidak memicu lambung perih.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa rekomendasi buah untuk lambung perih yang kaya akan nutrisi dan bisa membantu menurunkan kadar asam lambung:

  1. Pepaya

Buah untuk lambung perih yang pertama yaitu pepaya. Buah yang satu ini dikenal karena rasanya yang manis dan bagus untuk pencernaan. Buah pepaya juga kaya akan vitamin C serta enzim papain yang dapat membantu penguraian protein di dalam tubuh. Selain itu, enzim tersebut juga berfungsi untuk meredakan sakit yang muncul akibat asam lambung atau maag, sembelit hingga masalah pencernaan lainnya.

  1. Pisang

Selain pepaya, pisang juga termasuk buah untuk lambung perih yang sangat direkomendasikan. Bagi penderita asam lambung sebaiknya tidak perlu khawatir mengkonsumsi buah pisang karena dijamin aman. Dibalik rasanya yang manis dan enak, pisang memiliki kandungan peptin yang tinggi, serta serta antioksidan yang bagus untuk meredakan gejala asam lambung maupun gangguan lambung lainnya.

  1. Apel

Meskipun apel sedikit memiliki rasa asam, namun buah yang satu ini ternyata sangat bagus dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Sebab buah apel memiliki kandungan pektin yang bagus untuk melapisi dinding lambung. Apel juga mengandung sorbitol serta serat yang bagus untuk membantu menurunkan asam lambung maupun mengatasi masalah pencernaan lainnya.

  1. Buah Pecah atau Persik

Buah untuk lambung perih yang satu ini juga tak kalah bagus dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Sebab buah persik mempunyai rasa yang manis serta kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin E, fosfor, magnesium serta kalium. Beberapa kandungan dalam buah persik tersebut dipercaya dapat membantu menurunkan nyeri dan perih akibat asam lambung.

  1. Alpukat

Buah alpukat dikenal karena kandungan serat, mineral serta senyawa aktif yang tinggi. Dimana beberapa kandungan tersebut ternyata sangat bagus untuk meredakan asam lambung atau maag dan diare. Buah alpukat juga memiliki kandungan antimikroba sehingga bagus untuk mengatasi gangguan pada saluran pencernaan.

  1. Pir

Pir termasuk dalam jenis buah untuk lambung perih dan sangat bagus dikonsumsi oleh penderita maag atau asam lambung. Buah pir dikenal karena kandungan air maupun seratnya yang tinggi. Selain itu, pir juga memiliki kandungan mikroelemen, vitamin dan asam lemak yang bersifat anti bakteri. Akan tetapi sebaiknya konsumsi buah pir sesudah makan nasi agar tidak memperparah masalah asam lambung Anda.

  1. Semangka

Semangka memiliki rasa yang manis, segar dan kaya akan kandungan air. Hal inilah yang menjadikan buah ini bagus dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Bahkan kandungan nutrisi, serat dan air dalam buah semangka telah dipercaya dapat membantu meredakan asam lambung atau maag yang sedang kambuh.

  1. Melon

Buah melon ternyata juga tak kalah bagus dikonsumsi bagi penderita asam lambung sebagai buah untuk lambung perih. Hal ini disebabkan karena buah melon termasuk jenis buah yang mengandung basa. Anda bisa mengkonsumsi buah melon secara langsung atau bisa juga dalam bentuk jus.

  1. Buah Ara

Buah yang satu ini mungkin masih terdengar asing bagi sebagian masyarakat Indonesia. Meski begitu, ternyata buah ini memiliki banyak kandungan yang bagus untuk mengatasi lambung perih akibat asam lambung. Adapun kandungan dalam buah ara diantaranya mineral, gula alami, kalsium, kalium dan zat besi. Buah ara juga menganding serat yang bisa membantu pergerakan usus, meredakan asam lambung dan mencegah sembelit.

  1. Kelapa Muda

Dibalik rasanya yang segar dan enak, ternyata kelapa mudah memiliki banyak manfaat salah satunya untuk meredakan perih akibat asam lambung. Sebab daging buah dan air kelapa memiliki kandunga tanin, elektrolit dan asam laurat yang sangat bagus untuk meredakan nyeri dan perih ketika asam lambung kambuh.

Bagi Anda yang selama ini sering mengalami keluhan lambung perih saat asam lambung kambuh sebaiknya cobalah mengkonsumsi jenis buah untuk lambung perih seperti di atas. Selain itu, buah-buahan tersebut tak kalah bagus dikonsumsi secara rutin untuk membantu mengatasi serta mencegah asam lambung kambuh yang menyiksa.

Leave a Comment

Your email address will not be published.