PT Tiga Puspa

Waspada, Stres Bisa Memicu Maag yang Tidak Disadari

Waspada, Stres Bisa Memicu Maag yang Tidak Disadari  

Ketika seseorang dihadapkan pada situasi yang buruk dan menegangkan yang memicu stres maka tanpa disadari hal tersebut bisa menyebabkan asam lambung naik. Selama ini kebanyakan penderita maag sering merasakan kmbuh setelah mengkonsumsi makanan pedas, minuman asam dan jenis makanan pemicu asam lambung naik lainnya. Akan tetapi ternyata stres bisa jadi penyebab maag yang selama ini belum banyak disadari oleh masyarakat.

Kenapa Stres Bisa Jadi Penyebab Maag?

Sebetulnya masih ada perdebatan untuk membuktikan benarkah stres bisa jadi penyebab maag. Namun ketika stres terjadi memang seseoang akan menjadi semakin sensitif terhadap asam yang sedikit di bagian kerongkongan serta sensitif terhadap paparan asam.

Perlu Anda ketahui bahwa lambung sehat biasanya mempunyai penghalang lendir yang berfungsi mencegah lapisan permukaan lambung kontak langsung dengan asam lambung. Selain itu, lendir yang terdiri dari ribuan sel serta kelenjar pada dinding kambung juga terus menerus memproduksi lendir supaya bisa melindungi lapisan dalam dinding lambung.

Sebetulnya dalam bagian-bagian tersebut terdapat sistem keseimbangan antara faktor penyembuh dan perusak. Asam lambung yang sifatnya sebagai perusak tidak bisa melukai lambung karena adanya penghalang lendir.

Saat terjadi kerusakan pada sel-sel dinding lambung maka dengan cepat sel-sel tersebut akan memperbaharui diri. Pada penderita maag, biasanya sistem keseimbangan tersebut tidak bisa berjalan dengan baik. Akibatnya lapisan lambung lama kelamaan termakan oleh asam lambung serta menjadi rusak hingga menyebabkan adanya tukak di lambung.

Sistem penghalang lendir terkadang memang berada dalam kondisi normal dan baik-baik saja. Namun saat asam lambung diproduksi berlebihan hingga mencapai suatu titik dimana penghalang lendir tidak lagi sanggup menahannya. Stress memang sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh secara menyeluruh termasuk juga asam lambung. Dengan demikian stres bisa jadi penyebab maag karena saat stres produksi asam lambung akan meningkat dibanding kondisi normal.

Para ahli juga menemukan bahwa stres bisa merangsang area tertentu di bagian otak yakni aksis hypothalamic-pituitary-adrenal-cortex  yang bertugas sebagai pusat syaraf simpatis.

Dengan terstimulasinya aksis tersebut maka akan merangsang sel mast di bagian dinding usus dan lambung agar mengeluarkan histamin, meningkatkan pergerakan lambung, meningkatkan asam dan kecepatan pengosongan lambung maupun lapisan mukosa menjadi semakin renggang. Tidak hanya itu, faktor psikologis juga bisa meningkatkan infeksi bakteri helicobacter pylori yang berkembangbiak di dalam lambung.

Selain beberapa alasan di atas, terdapat alasan lain kenapa stres bisa jadi penyebab maag yaitu karena stress bisa menurunkan kadar hormon prostaglandin yang berfungsi membantu memperkuat lapisan penghalang lendir yang bertugas melindungi lapisan lambung dari asam lambung. Hal tersebut biasanya juga terjadi pada penggunaan obat anti nyeri yang bisa memicu terjadinya kerusakan lambung akibat efek samping obat yang bisa menghambat prostaglandin.

 

Cara Mengelola Stres Agar Maag Tidak Mudah Kambuh  

Tak bisa dipungkiri bahwa stress memang sulit untuk dihindari. Namun tak perlu khawatir karena stres tersebut masih bisa Anda kendalikan. Dengan mengendalikan stres maka akan membantu Anda mencegah kekambuhan dan membantu kesembuhan sakit maag. Stres bisa jadi penyebab maag, tetapi Anda bisa menghindari hal tersebut dengan mengelola stres melalui beberapa cara berikut:

  1. Olahraga

Berolahraga secara rutin akan membantu melemaskan otot-otot yang tegang, membuat Anda merasa lebih siap menghadapi tugas-tugas kantor serta melepaskan hormon alami yang bisa memberikan efek menyenangkan. Dengan demikian Anda bisa terhindar dari stres bisa jadi penyebab maag. Selain itu, olahraga juga bisa membantu Anda memperoleh berat badan yang ideal serta mengurangi tekanan di bagian perut.

  1. Hindari Makanan Pemicu Asam Lambung Naik

Saat dalam kondisi stres, banyak orang yang cenderung mengkonsumsi makanan secara sembarang sebagai bentuk pelampiasan. Padahal saat stres, seseorang menjadi lebih sensitif terhadap makanan yang bisa memicu asam lambung naik seperti kafein, cokelat, buah-buahan, tomat, jus jeruk, makanan pedas dan makanan berlemak.

  1. Tidur Cukup

Perlu Anda ketahui bahwa stres dan tidur dapat membentuk siklus. Sebab tidur merupakan pereda stres yang alami serta bisa menurunkan stres sehingga tidur menjadi lebih berkualitas. Agar terhindar dari asam lambung naik, sebaiknya atur posisi tidur Anda dengan menjaga agar kepala posisinya lebih tinggi dibanding perut.

  1. Latihan Teknik Relaksasi

Untuk mengendalikan stres, Anda bisa berlatih teknik relaksani yang dipandu seperti tai chi, yoga dan mendengar musik yang tenang.

  1. Belajar Untuk Katakan Tidak

Supaya Anda tidak mudah stres, maka prioritaskan aktivitas yang memang harus dilakukan. Anda tidak perlu takut mengatakan “tidak” untuk hal-hal yang memang bukan tugas dan prioritas Anda.

  1. Tertawa

Untuk menghindari stres, sebaiknya isi waktu luang Anda dengan menonton film-film komedi atau acara-acara menghibur lainnya. Selain itu, Anda juga bisa berkumpul dengan teman-teman. Dengan begitu Anda bisa terhibur dan tertawa sehingga secara alami stres bisa berangsur hilang.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa benar stres bisa jadi penyebab maag. Supaya asam lambung tidak naik yang memicu maag kambuh, sebaiknya Anda harus pandai-pandai mengendalikan stres dengan membiasakan pola hidup sehat dan melakukan hal-hal yang Anda sukai. Dengan demikian meki Anda sedang dihadapkan pada tugas-tugas pekerjaan yang menumpuk maka Anda tidak cepat stres.

Leave a Comment

Your email address will not be published.