PT Tiga Puspa

Apakah Penyakit Kanker Itu Menular? Cek Faktanya Di Sini

Apakah Penyakit Kanker Itu Menular? Cek Faktanya Di Sini

 

Kasus yang cukup mencengangkan mencuat dari wilayah China tepatnya di kota Quanzhou, provinsi Beijing. Seorang murid sekolah dasar harus menjalani isolasi hingga dilarang untuk mengikuti ujian karena penyakit kanker yang dideritanya. Kondisi ini cukup membuat public kaget hingga pada akhirnya setelah kasus ini viral. Nah pertanyaannya” apakah penyakit kanker menular”?

Perlu diketahui sebelumnya, atas anggapan penyakit kanker menular diatas, banyak orang yang memberikan support kepada bocah sekolah dasar tersebut. Support tersebut didapatkan setelah ayahnya memposting video singkat di akun media sosial.

Kejadian di China tersebut sudah sepatutnya dijadikan sebagai pembelajaran atas ketidaktahuan masyarakat awam terkait dengan anggapan penyakit kanker menular. Jika hal ini terjadi di lingkungan Anda, pastinya pihak akan akan sangat dirugikan.

Dia yang seharusnya mendapatkan perhatian lebih karena penyakit yang dideritanya harus dikucilkan hingga pada akhirnya membuat si anak mengalami masalah psikologis. Menyikapi hal tersebut, akan lebih bijak jika Anda mencoba membekali diri seputar penyakit kanker secara umum.

 

Apa yang dimaksud dengan penyakit kanker?

Sebelum lebih jauh berbicara mengenai anggapan atas penyakit kanker menular, akan lebih baik jika diawali dengan seluk beluk penyakit kanker itu sendiri. Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh tumbuhnya sel abnormal secara tidak terkendali pada bagian tubuh tertentu hingga berpotensi menyebabkan kerusakan pada sel normal dalam tubuh. disebutkan bahwa jenis penyakit ini menjadi pemicu angka kematian di dunia, sehingga harus diperhatikan.

Secara umum, penyakit kanker ini disebabkan oleh banyak hal tergantung dari jenis kanker. Kebiasaan merokok, obesitas, paparan atas penyakit hepatitis B ataupun C juga menjadi penyebab utama seseorang mengalami kanker.

Parahnya lagi, penyakit HIV/AIDS konon juga menjadi penyebab seseorang kemudian terjangkit kanker. Jika sudah demikian, berbagai prosedur kesehatan termasuk melakukan kemoterapi akan menjadi alternative pengobatan untuk menghilangkan anggapan atas penyakit kanker menular.

 

Apakah penyakit kanker menular?

Kembali pada apakah penyakit kanker menular atau tidak. Disebutkan bahwa pada dasarnya penyakit kanker tersebut tidak selalu menular. Dengan adanya fakta tersebut, sudah sepatutnya stigma negative atas penyakit kanker tersebut dihilangkan dari kalangan masyarakat awam. Mereka terlalu beranggapan jika bersentuhan dengan penderita kanker bisa menjadi penyebab penularan penyakit mematikan tersebut. Padahal, penyakit tersebut terjadi karena adanya mutasi gen pada sel tubuh manusia yang sifatnya abnormal serta berpotensi merusak sel jaringan lain.

Selain itu, disebutkan bahwa kanker pada dasarnya disebabkan oleh adanya paparan senyawa karsinogenik yang memiliki sifat radikal bebas hingga berpotensi sebagai penyebab kerusakan genetic (DNA). Kondisi ini nantinya akan menjadi pemicu munculnya sel kanker yang tidak akan menular.

Jika Anda memiliki orang tua dengan riwayat penyakit kanker, maka Anda harus lebih sering menjaga kesehatan diri sehingga Anda bisa menurunkan potensi atas diturunkannya resiko penyakit kanker. Dalam hal ini, anggapan penyakit kanker menular bisa dipatahkan karena penyakit ini merupakan keturunan.

 

Bagaimana dengan beberapa jenis kanker lain yang kabarnya bisa menular?

Kaitannya dengan apakah penyakit kanker menular atau tidak, beberapa pakar kesehatan mengungkapkan jika ada beberapa jenis kanker yang bisa menular. Jenis kanker ini pada dasarnya disebabkan oleh infeksi virus jenis HPV yang disebabkan oleh perilaku hidup tidak sehat. Beberapa jenis kanker yang disebabkan virus HVP ini diantaranya adalah kanker mulut, kanker anus, kanker serviks, kanker penis dan kanker vagina.

Berbagai jenis kanker tersebut pada dasarnya lebih sering disebabkan oleh adanya perilaku hubungan seks secara bebas hingga pelakunya terjangkit virus HPV. Jika seseorang memiliki masalah satu dari beberapa jenis kanker tersebut, maka Anda juga harus perlu waspada karena Anda yang melakukan kontak melalui hubungan seks bisa juga berpotensi tertular penyakit tersebut.

Jika sudah demikian, anggapan apakah penyakit kanker menular atau tidak ini bisa saja benar dengan melihat penyebab dari kanker tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.