PT Tiga Puspa

Yuk Ketahui Bagaimana Penyakit Herpes Bisa Menular?

Yuk Ketahui Bagaimana Penyakit Herpes Bisa Menular?

Herpes merupakan salah satu jenis penyakit umum yang bisa mengakibatkan luka pada bagian mulut maupun alat kelamin. Penyakit ini diakibatkan oleh adanya virus yang bisa menular dengan sangat mudah. Oleh sebab itu, penting kiranya kita semua mengetahui bagaimana penyakit herpes bisa menular sehingga kita bisa selalu waspada terhadap penyakit tersebut.

Pada dasarnya terdapat 2 macam penyakit herpes yang dapat menginfeksi manusia yakni herpes shingles (zooster) yang nampak seperti cacar serta herpes simplex (genital).

Kedua jenis penyakit ini diakibatkan karena infeksi virus berbeda.

Penyakit herpes shingles diakibatkan karena virus varicella zoster (VZV), sedangkan herpes simplex diakibatkan karena herpes simplex virus 2 (HSV 2). Kedua penyakit herpes tersebut memang berbeda, namun keduanya termasuk penyakit yang bisa menular.

Dengan demikian, banyak pertanyaan bagaimana penyakit herpes bisa menular karena kondisi penyakit ini memang bisa membuat penderita merasa tidak nyaman.

 

Cara Bagaimana Penyakit Herpes Bisa Menular

Penyakit herpes bisa menular melalui kontak satu kulit dengan kulit yang lainnya yang terdapat infeksi. Biasanya, penularan herpes terjadi ketika berhubungan seks vaginal, anal seks, oral seks serta ciuman. Penyakit herper mengakibatkan munculnya lepuhan yang bisa pecah dan memicu rasa gatal ataupun nyeri.

Namun, masih banyak mereka yang memiliki penyakit herpes tidak mau memperhatikan luka yang muncul tersebut. Malah mereka menganggap herpes tersebut sebagai luka biasa. Hal inilah yang menjadikan penyakit herpes ini seringkali tidak disadari.

Adapun bagaimana penyakit herpes bisa menular, maka hal ini memang benar terjadi bahkan saat pengidap tidak merasakan gejala atau memiliki luka apapun.

  1. Penyakit herpes kelamin (genital)

Penularan penyakit ini bisa melalui kontak kulit secara langsung yakni dari area yang mengalami infeksi ke area yang tertular. Misalnya saja kerika seseorang yang mengalami infeksi melakukan hubungan seks baik oral, dubur atau vagina ataupun mencium orang lain maka hal ini dapat mengakibatkan pasangannya tertular.

Bagaimana penyakit herpes menular dengan cepat? Hal ini memang bisa terjadi ketika kondisi seseorang dalam keadaan sakit, umumnya ditandai dengan rasa kesemutan, gatal da sensasi lainnya sebelum muncul apapun pada bagian kulit.

  1. Herpes zooster

Bagaimana penyakit herpes bisa menular sebenarnya terjadi pada orang-orang dewasa dengan kekebalan tubuh yang rendah. Virus herpes yang satu ini terdapat dimana-mana namun apabila seseorang memiliki sistem kekebalan tubuh yang prima, maka sangat jarang resiko terkena kondisi herpes ini.

Virus varicella zoster merupakan sejenis virus yang dapat mengakibatkan penyakit cacar. Ketika orang sudah mengalami cacar biasanya sedikit kemungkinan mereka untuk terkena herpes zooster.

Tidak sama dengan penyakit cacar, penyakit herpes zooster ini menyebabkan rasa nyeri dan sakit yang sangat luar biasa. Lokasi penyakit ini pun juga terjadi di beberapa sisi dalam tubuh saja. Terkadang bisa juga menyerang bagian mata, leher, wajah, ujung hidung dan juga area sekitar telinga. Gejala awal yang biasanya dirasakan adalah rasa sakit pada satu daerah tertentu.

Kondisi tersebut biasanya diikuti dengan ruam dengan isi cairan yang bentuknya mirip seperti cacar air. Apabila ruam ini digaruk bisa mengakibatkan infeksi. Bagaimana penyakit herpes bisa menular jika terjadi kondisi seperti ini ? Apabila herpes digaruk terus-menerus maka bisa saja infeksi menyebar ke bagian kulit yang lain.

 

Cara Menghindari Penyakit Herpes

Terlepas dari uraian bagaimana penyakit herpes bisa menular, ternyata terdapat beberapa cara sebagai upaya untuk menghindari adanya infeksi kelamin herpes, yaitu :

  1. Memakai kondom baik bagi perempuan maupun laki-laki. Dalam sebuah study ditunjukkan bahwa virus penyakit herpes tidak dapat melewati kondom latex apabila dipakai dengan benar. Praktik ini bisa dijadikan sebagai upaya yang cukup ampuh untuk menurunkan resiko bagaimana penyakit herpes bisa menular saat melakukan seks.
  2. Berkata jujur dengan pasangan apabila salah satu diantaranya memiliki infeksi penyakit seksual. Dengan demikian dapat membantu menurunkan penularan herpes melalui kontak seksual.
  3. Dilarang melakukan seks oral saat sednag flu maupun memiliki HSV 1 pada mulut, sebab hal ini dapat mengakibatkan virus menyebar ke alat kelamin.
  4. Setia hanya pada satu pasangan saja serta melakukan seks dengan aman.
  5. Mencuci tangan sesudah menyentuh luka maupun sebelum menyentuh bagian tubuh yang lain

Adapun upaya yang bisa dilakukan untuk menghindari herpes shingles yaitu :

  1. Tidak dekat dengan orang yang mengalami cacar bagi Anda yang belum mendapatkan cacar air
  2. Melakukan vaksin sebagai upaya pencegahan infeksi virus
  3. Apabila Anda sedang mengalami herpes zooster, upayakan untuk rajin mencuci tangan agar virus tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya
  4. Hindari kontak maupun sentuhan dengan orang yang memiliki herpes zooster
  5. Menjaga daya tahan tubuh agar virus sulit masuk dalam tubuh kita

Nah, itulah informasi mengenai herpes dan juga bagaimana penyakit herpes bisa menular. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah herpes, oleh sebab itu terapkan cara mencegah herpes diatas agar kita selalu terhindar dari kondisi penyakit tersebut setiap saat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.