PT Tiga Puspa

7 Penyebab Kemandulan Pada Wanita

7 Penyebab Kemandulan Pada Wanita

 

Tujuan setiap orang yang menikah pasti ingin mempunyai keturunan atau anak, tetapi tidak semuanya bisa berjalan sesuai rencana. Terkadang biduk rumah tangga juga di terpa dengan namanya susah memiliki momongan. Parahnya salah satu pasangan di nyatakan mandul, itu artinya mempunyai keturunan saat amat kecil, misalkan keadaan kemandulan pada wanita. Hal ini pasti membuat wanita terutama stress, sebab tidak bisa memenuhi kodratnya sebagai seorang ibu yang mengandung dan melahirkan.

Namun, ada baiknya wanita tidak langsung mendekte dirinya tidak berguna sebagai seorang istri. Ada baiknya ketahui dulu apa penyebabnya dan apakah masih ada kesempatan untuknya mempunyai anak dengan jalan yang lain, misalkan dengan mengadopsi.

 

Penyebab Kemandulan Pada Wanita Dan Pria Yang Jarang Di Ketahui

Banyak asumsi muncul di masyarakat jika kemandulan sebagai besar di alami oleh wanita, namun jangan bersalah sangka dulu nyatanya laki-laki juga bisa mengalami kemandulan. Maka, penyebab kemandulan pada wanita dan laki-laki yang perlu kamu ketahui adalah:

  1. Ovulasi

Umumnya kemandulan pada wanita penyebabnya adalah masalah ovulasi, yakni pelepasan sel telur dari indung telur atau ovarium yang menuju tuba  fallopi supaya bisa dbuahi. Umumnya proses ini berlangsung 14 hari sebelum datang bulan maupun 16 hari setelah hari pertama dari suklus mentruasi.

Keadaan tersebut artinya ada pelepasan sel telur yang mangalami masalah, dengan demikian sel telur tidak akan dilepaskan sama sekali meski terjadi pelepasan dengan waktu lebih lama dari seharusnya.

Masalah pada ovulasi penyebabnya adalah

  1. Kegagalan di ovarium premature
  2. Sidrom ovarium polisistik
  3. Gangguan tiroid
  4. Rusaknya Tuba Fallopi

Tuba Fallopi merupakan saluran penghubung ovarium atau indung telur dengan rahim. Pada organ ini mempunyai fungsi untuk tempat sperma membuahi sel telur.  Ketika Tuba Fallopi rusak, salah satu penyebabnya yakni operasi yang diakibatkan oleh kehamilan ektopik yaitu kehamilan di luar lahim. Dengan demikian sel telur tidak bisa bergeran dengan lebih jauh serta akan sulit dijangkau sperma.

  1. Masalah Lendir Serviks

Masalah kemandulan pada wanita selanjutnya yakni gangguan di lendir serviks yang merupakan bagian dengan kemampuan menipis alami saat ovulasi, maka sperma bisa masuk menuju tuba fallopi. Namun, saat terkena gangguan di lendir serviks, organ itu bisa menebal serta menyulitkan sperma bergerak menuju tuba fallopi, dengan demikian pembuahan tidak bisa dilakukan serta tidak bisa terjadi kehamilan.

  1. Fibroid rahim

Fibroid rahim adalah salah satu dari jenis tumor jinak dan ini bukan kanker. Biasanya tumbuh dibagian dalam maupun di sekitar rahim. Masalah Fibroid begitu berpengaruh dengan kesuburan wanita, sebab untuk menghasilkan pembuahan atau embrio tidak bisa masuk menuju rahim.

  1. Endometriosis
    endometriosis, yakni pertumbuhan pada jaringan di bagian rahim dengan bentuk menonjol keluar, maka ini bisa mengakibatkan jaringan itu tumbuh di bagian organ reproduksi yang lain, misalkan tuba fallopi.

Keadaan dengan lapisan kecil di bagian rahim atau endometrium akan mulai tumbuh di bagian lain, misalkan ovarium. Dengan demikian, bisa merusak ovarium maupun saluran tuba serta menyebabkan berbagai masalh kesuburan. Inilah yang membuat tersumbatnya tuba fallopi serta menghalami proses terjadinya pembuahan.

  1. Penyakit radang panggul

Keadaan Penyakit Radang Panggul atau PID ini merupakan infeksi dibagian saluran reproduksi wanita, baik meliputi tuba fallopi, rahim, ovarium atau indung telur.

Kelainan  ini umumnya disebabkan dengan adanya infeksi menular seksual atau IMS. Penyakit ini ternyata bisa merusak bagian tuba fallopi, dengan demikian bisa membatasi setiap pergerakan sel telur yang ada dalam rahim.

  1. Pemakaian obat-obatan khusus

Setiap obat yang dikonsumsi sebagian besar pasti memberikan efek samping bagi penggunannya, bahkan lebih parahnya lagi obat-obatan tersebut bisa menjadi salah satu penyebab kemandulan. Inilah beberapa obat yang bisa menambahi tingkat kemandulan pada wanita :

  1. Obat antiflamasi non-steroid atau NSAID

Pemakaian obat ini pada dosis yang tinggi serta dikonsumsi dalam jangka watu yang cukup lama, dapat memperbesar resiko kemandulan. Macam dari obat ini adalah, aspirin dan ibuprofen.

  1. Obat kemoterapi

Obat-obatan dalam kemoterapi kadang kala bisa menjadi penyebab rusaknya bagian ovarium, dengan demikian ovarium tidak mampu berfungsi dengan baik.

  1. Obat neuroleptik

Obat ini umumnya dipakai dalam mengobati masalah kejiwaan juga psikologis dan obat ini bisa menjadi penyebab adanya siklus mentruasi terganggu sampai menyebabkan keadaan tidak subur.

  1. Spironalakton

Obat ini umumnya dipakai guna mengobati retensi atau edema, kamu bisa kembali subur dalam waktu 2 bulan setelah masa pemberhentian mengkonsumsi obat tersebut.

  1. Obat-obatan terlarang

Ada ganja juga kokain yang merupakan salah satu jenis obat yang dilarang dikonsumsi dan obat ini bisa membuat resiko kemandulan pada wanita semakin tinggi dengan mengurangi kesuburan hingga sulutnya ovulasi.

Semoga infomasi tentang penyebab kemandulan pada wanita di atas, lebih baik ketahui dulu penyebabnya daripada langsung menuduh satu sama lain.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *