PT Tiga Puspa

8 Tanda-Tanda Kehamilan Yang Perlu Diketahui Sedari Dini

 Pengetahuan mengenai pentingnya memahami tanda-tanda kehamilan memang harus diketahui sejak dini. Pasalnya begitu banyak perempuan yang tidak menyadari sedang hamil, terutama saat hamil muda. Tanda kehamilan tahap awal memang sulit diketahui karena ciri-ciri hamil yang muncul tidak selalu akurat dan tentunya berbeda orang berbeda pula ciri-cirinya.

Saat mengalami tanda-tanda kehamilan beberapa perempuan hanya menganggap tubuhnya kurang sehat dan stamina kurang fit. Padahal mengetahui dan memahami tanda-tanda kehamilan sangat penting bagi ibu hamil agar dapat menjaga kesehatan janin dan dirinya dengan baik dan optimal.

Diawali dengan tingkat asupan makan, tingkat aktivitas, hingga pengendalian stress harus di prioritaskan ketika sudah mengetahui tanda-tanda kehamilan dini tersebut.  Hal ini menjadi penting karena saat seorang perempuan terlamabt mengetahui kehamilan, maka gaya hidup sehat tidak segera dilakukan dan hal tersebut dapat membahayakan janin. Dengan mengetahui tanda-tanda kehamilan tentu Anda bisa berhenti makan maupun meminum minuman yang tidak baik untuk pertumbuhan janin.

Tanda-Tanda Kehamilan

Walaupun tanda-tanda kehamilan pada saat awal berbeda-beda, namun beberapa tanda-tanda kehamilan dibawah ini mampu menjadi referensi untuk memastikan apakah Anda sedang hamil atau tidak:

  1. Amenorrhea

Amenorrhea atau biasa disebut tidak menstruasi adalah  tanda kehamilan yang begitu wajar. Hal ini tidak asing karena setiap perempuan yang tidak hamil pasti akan mengalami menstruasi setiap bulannya kecuali bagi perempuan yang memang sudah menopause.

Tanda ini agak sulit dikenali jika Anda merupakan salah satu perempuan yang jadwal menstuarinya ditak teratur dan cenderung sering berubah-ubah. Alasan mengenai jadwal menstruasi berubah-ubah ini terjadi karena sedang mengalami stress, terlalu aktif berolahraga, dan beberapa faktor hormonal lain.

Maka dari itu untuk memastikan apakah Anda benar hamil atau tidak, Anda bisa mengecek kehamilan menggunakan test pack maupun konsultasi ke dokter.

  • Sering buang Air Kecil

Tanda-tanda kehamilan lain yakni lebih sering buang air. Hal ini terjadi karena janin yang ada dalam rahim menekan kantung kemih sehingga Anda akan sering buang air kecil saat hamil. Maka dari itu dokter akan menyarankan Anda untuk tidak mengkonsumsi kafein terlalu sering saat hamil.

Saat ini terjadi Anda tidak boleh menahan buang air kecil dan sering-seringlah minum. Tetap penuhi kebutuhan cairan didalam tubuh agar Anda terhindar dari dehidrasi.

  • Perubahan nafsu makan

Dibeberapa kasus, saat hamil nafsu makan wanita cenderung meningkat. Namun,  ada juga ibu hamil yang nafsu makannya menurun. Tanda-tanda kehamilan ini lagi-lagi dipengaruhi oleh hormon dalam tubuh.

Untuk mengatasi perubahan nafsu makan, Anda harus mencoba makanan yang bervariasi namun tetap mengandung nutrisi untuk ibu dan bayi.

  • Perubahan pada payudara

Tanda-tanda kehamilan yang keempat mungkin akan terjadi kepada payudara Anda. Saat hamil, ukuran payudara wanita akan terlihat lebih besar dari bentuk biasanya. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya hormone estrogen dan hormon progesterone dalam tubuh calon ibu.

jika Anda mengalami hal demikian, Anda tidak perlu khawatir sebab perubahan struktur payudara ini justru memiliki manfaat untuk mempersiapkan produksi air susu untuk calon bayi Anda nanti.

  • Lebih peka terhadap bau dan sering mual

Mudah peka terhadap bau merupakan tanda-tanda kehamilan yang wajar dialami. Beberapa bau dan aroma tertentu dapat menganggu ibu hamil padahal sebelum-sebelumnya tidak apa-apa.  Saat hamil indra penciuman wanita akan sangat peka dan gejala ini akan terus mengalami peningkatan bersama morning sickness.

  • Sesak Nafas

Pada saat awal kehamilan,  beberapa perempuan sering mengalami sesak nafas. Pada beberapa aksus, hal ini bisa terjadi selama kehamilan dari awal sampai akhir. Tanda-tanda kehamilan sesak nafas ini terjadi karena calon ibu membutuhkan oksigen ekstra untuk mendukung pertumbuhan janin.

Jika Anda mengalami sesak nafas, Anda tidak perlu khawatir karena hal ini begitu wajar karena hal ini juga menjadi tanda ahwa janin di tubuh Anda tumbuh dengan baik berkat tanda-tanda kehamilan ini

  • Mudah mengantuk dan merasa lelah

mudah mengantuk dan lelah merupakan tanda-tanda kehamilan yang jarang dikenali oleh ibu hamil. Hal ini terjadi karena beberapa perempuan menganggap bahwa tanda kehamilan ini hanya rasa kantuk biasa karena terlalu banyak aktifitas. Padahal rasa kantuk dan lelah yang dialami ibu hamil mungkin saja disebabkan oleh bertambahnya usia kehamilan

  • Perubahan suasana hati

Perubahan suasana hati atau biasa disebut mood swing ini disebabkan oleh hormon HCG yang meningkat sehingga membuat ibu hamil mudah lelah. Tanda-tanda kehamilan  inilah yang memicu mood swing secara drastis.

Itulah alasan mengapa ibu hamil sangat mudah sensitif terutama pada kehamilan awal. Bahkan hal sepele yang dilakukan orang lain bisa menjadi salah satu penyebab mood swing.

Diatas adalah 8 tanda kehamilan yang akan membantu Anda mengetahui lebih dini apakah Anda sendang hamil atau tidak. Setelah mengetahui tanda-tanda kehamilan diatas ada pada Anda, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui kejelasannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.