PT Tiga Puspa

Cara Cek Kondisi Kesehatan Lewat Feses

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa kita bisa mengetahui kondisi kesahatan tubuh dengan memperhatikan feses. Feses atau kotoran sisa pencernaan kita keluarkan ternyata bisa mencerminkan kesehatan tubuh kita. Dengan kata lain kita bisa cek kondisi kesehatan lewat feses kita.

Bagaimana cara cek kondisi kesehatan lewat feses ? Ada dua cara untuk mengecek kondisi kesehatan lewat feses yaitu dengan pemeriksaan laboratorium dan pengamatan langsung. Di artikel kali ini akan dibahas tentang cara cek kondisi kesehatan lewat feses dengan pengamatan langsung. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Warna Feses

Cara cek kondisi kesehatan lewat feses bisa dilakukan dengan mengamati warna feses. Selain dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi, perubahan warna feses juga bisa terjadi karena adanya penyakit dalam tubuh kita. Ada beberapa arti dari warna feses yang kita keluarkan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Warna hitam

Feses berwarna hitam terjadi karena adanya perdarahan pada saluran pencernaan bagian atas, seperti lambung atau kerongkongan. Ketika lambung mengalami masalah seperti maag, maka kita bisa mendeteksinya dengan melihat perubahan warna feses yang menjadi lebih hitam. Selain penyakit maag, feses berwarna hitam juga bisa mendeteksi adanya kanker usus.

Namun, tidak semua feses yang berwarna hitam disebabkan oleh dua hal di atas. Feses berwarna hitam juga bisa terjadi akibat mengonsumsi suplemen zat besi atau makanan yang berwarna hitam. Jadi sebelum merasa panik, ingat kembali makanan yang anda konsumsi sebelumnya.

  • Warna hijau

Feses bisa berubah warna menjadi hijau karena anda banyak makanan atau minuman yang berwarna hijau seperti sayuran dan juga suplemen zat besi. Jadi, jika warna feses anda hijau, ini berarti bahwa kesehatan anda normal.

Namun, feses yang berwarna hijau juga menandakan bahwa anda tengah mengalami diare ataupun gangguan empedu. Hal ini terjadi karena penyaluran makanan ke usus besar terlalu cepat. Akhirnya empedu tidak dapat mencerna makanan dengan sempurna.  

  • Warna kuning

Feses yang berwarna kuning merupakan tanda bahwa tubuh kita dalam keadaan normal. Warna kuning ini berasal dari bilirubin yang dihasilkan oleh hati dan juga peran bakteri dan enzim yang ada di usus.

Namun, anda perlu mewaspadai jika feses tersebut selain berwarna kuning juga terlihat berminyak dan berbau busuk. Hal itu bisa menjadi tanda adanya kerusakan pada usus halus seperti penyakit celiac. Hindarilah makanan bergluten tinggi jika anda mengalami tanda2 penyakit celiac.

  • Warna putih

Feses yang berwarna putih pucat bisa menjadi tanda bahwa anda mengalami gangguan pada organ hati. Bahkan juga menjadi tanda terjadinya penyumbatan di saluran empedu. Selain gangguan hati, warna putih pada feses juga bisa disebabkan karena penggunaan obat diare bismuth subsalisilat dalam dosis tinggi.

  • Warna merah terang

Feses yang berwarna merah bisa disebabkan oleh banyak hal. Penyebab yang pertama adalah pendarahan pada sistem pencernaan bagian bawah seperti usus besar, rectum, atau anus. Penyebab lain feses berwarna merah adalah terlalu banyak mengonsumsi buah tomat atau makanan yang mengandung warna merah, hingga wasir.

Penyakit yang mungkin diderita oleh orang yang mengeluarkan feses berwarna merah adalah kanker usus dan juga wasir. Jika warna feses anda tetap berwarna merah hingga beberapa hari, lebih baik anda segera periksa ke dokter.

Bentuk atau Tekstur Feses

Selain melihat warnanya, anda juga bisa cek kondisi kesehatan lewat feses dengan melihat bentuk atau tekstur feses. Bagaimana bentuk feses yang menandakan bahwa tubuh anda sehat ataupun sedang terkena penyakit?

  1. Feses yang kering dan sulit dikeluarkan adalah tanda terjadinya sembelit. Biasanya saat sembelit feses akan berbentuk menyerupai bongkahan kecil padat dan terpisah seperti kacang. Untuk mencegah terjadinya sembelit sebaiknya anda mengonsumsi makanan yang tinggi serat, minum cukup air, dan olahraga.
  2. Feses yang bentuknya menyerupai sosis dan padat bisa menandakan bahwa anda sedang mengalami sembelit ringan. Namun jika terdapat retakan di permukaan atau tidak terlalu padat ini berarti anda kondisi tubuh anda sedang sehat.
  3. Bentuk feses yang lunak dengan tepi berwarna sedikit cerah menandakan tubuh Anda kekurangan asupan serat. Jika feses anda lunak dan bentuknya tidak beraturan itu tandanya anda sedang mengalami diare ringan. Namun terkadang feses yang lunak, lurus, dan menyempit seringkali dikaitkan dengan gejala kanker kolon.
  4. Feses yang memiliki tekstur cenderung cair dan tidak ada padatan sama sekali ini menjadi tanda bahwa anda terkena diare berat.

Itulah cara cek kondisi kesehatan lewat feses yang bisa anda jadikan patokan. Agar warna dan bentuk feses anda normal, sebaiknya anda perbanyak mengonsumsi makanan berserat tinggi dan penuhi kebutuhan cairan tubuh. Selain itu, Lakukan olahraga secara rutin agar saluran pencernaan anda lancar, sehingga anda terhindar dari sembelit.

Leave a Comment

Your email address will not be published.