PT Tiga Puspa

Kuning Telur Penyebab Kolesterol Tinggi, Fakta atau Mitos?

Sudah bukan rahasia umum jika telur adalah makanan yang mengandung banyak protein. Namun sayangnya, reputasi telur tersebut dirusak dengan adanya mitos jika kuning telur memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Benarkah anggapan mengenai kuning telur penyebab kolesterol tinggi tersebut?

Dilansir dari laman BBC, di dalam 1 butir telur memiliki kandungan kolesterol sekitar 185 mg. Disamping itu, batas maksimal untuk mengkonsumsi kolesterol untuk kesehatan tubuh adalah 300 mg.

Kolesterol memang sering dianggap bisa memberikan dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Namun sebenarnya, kolesterol juga memiliki peranan yang penting untuk tubuh, misalnya sebagai pelindung sel tubuh.

Kolesterol juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan produksi hormon steroid misalnya estrogen, testosteron dan juga kartisol. Kolesterol yang tinggi memang dapat memicu terjadinya penyakit jantung hingga kematian dini.

Berdasarkan ungkapan seorang ahli gizi, Maria Luz Fernandez asal Connecticur University, Amerika Serikat, kandungan kolesterol pada telur memang lebih besar dibandingkan kolesterol yang ada di dalam daging atau produk hewani lain. Hal inilah yang mungkin menjadikan anggapan bahwa kuning telur penyebab kolesterol tinggi.

Meskipun demikian, tubuh kita memiliki kekuatan untuk bisa mengimbangi jumlah kolesterol yang dikonsumsi. Selain itu, kolesterol juga diproduksi oleh hati secara alami. Saat kita tidak mengkonsumsi asupan kolesterol yang cukup dari makanan, maka tubuh akan memproduksi kolesterol sendiri secara otomatis.

 

Kuning Telur serta Resiko Serangan Jantung

Salah satu kekhawatiran saat mengkonsumsi kuning telur yaitu mampu meningkatkan resiko terserang penyakit jantung. Padahal, sampai saat ini, masih belum ditunjukkan penelitian yang membuktikan keterkaitan antara asumsi kuning telur penyebab kolesterol tinggi dan penyakit jantung bagi orang sehat.

Justru sebaliknya, penelitian mengungkapkan bahwa bagian kuning telur dapat meningkatkan kolesterol baik yang akhirnya mampu menurunkan resiko terkena serangan jantung.

Dilansir dari laman Hello Sehat, telur mengandung vitamin yang larut dalam lemak misalnya vitamin A, D, E dan juga vitamin K yang sangat bagus untuk kesehatan kulit, menghasilkan energi dan juga mengatur metabolisme.

Disamping itu, 43% kandungan penting protein pada telur berada di dalam kuningannya.

Oleh sebab itu, apabila Anda ingin memperoleh asupa protein utuh dari telur maka Anda harus mengkonsumsi bersama bagian kuningnya.

 

Manfaat Mengkonsumsi Kuning Telur

Anggapan bahwa kuning telur penyebab kolesterol tinggi  mungkin hanya mitos belaka. Faktanya, sudah banyak riset yang menunjukkan bahwa kuning telur mampu memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat tersebut.

  1. Menjaga kesehatan jantung dan sistem darah

Kuning telur mampu mengendalikan tekanan darah supaya selalu dalam keadaan normal. Disamping itu, kuning telur bermanfaat untuk memproduksi darah agar tetap normal sekaligus menjaga komposisinya, misalnya faktor pembekuan daran dan kadar zat besi.

  1. Membantu melawan penyakit

Mengkonsumsi kuning telur dianggap mampu memberikan efek antikanker serta antimikroba yang memicu infeksi. Bukan hanya itu, keseluruhan telur memiliki sifat antioksidan yang bagus untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit. Kuning telur juga bisa membantu menurunkan resiko peradangan dalam tubuh.

  1. Mencegah sakit mata

Bagian kuning telur diyakini mampu melindungi sakit mata. Selain itu, kuning telur juga memberikan manfaat untuk membantu mencegah penyakit yang menyerang mata, misalnya katarak dan degrenerasi manula. Oleh karena itu, Anda harus mengesampingkan anggapan kuning telur penyebab kolesterol tinggi untuk menjaga kesehatan organ penglihatan.

  1. Memelihara sistem kemih

Kuning telur juga bagus untuk menjaga sistem kemih sekaligus mencegah terjadinya penyakit batu ginjal.

  1. Memelihara kesehatan rambut dan kulit

Perlu diketahui bahwa kuning telur penyebab kolesterol tinggi tidak selamanya benar. Sebab, kuning telur juga memiliki banyak manfaat penting diantaranya menyehatkan rambut dan kulit. Tentunya ini sangat bagus untuk mempercantik kulit dan wajah Anda.

Di dalam telur terdapat kandungan vitamin A, E, folat dan juga biotin. utrisi tersebu bagus untuk membantu menyehatkan rambut agar selalu kuat dan tidak mudah rusak. Kuning telur juga mampu mempercepat pertumbuhan rambut.

  1. Menjaga perkembangan otak

Manfaat lain dari kuning telur adalah untuk membantu perkembangan otak, yakni dengan menjaga kesehatan serta perkembangannya. Tidak salah jika banyak masyarakat yang menyarankan untuk sarapan pagi menggunakan telur karena bagian kuningnya merupakan sumber kolin yang bagus untuk meningkatkan daya ingat.

  1. Memelihara fungsi tubuh dan tingkat sel

Kuning telur juga bermanfaat untuk membantu memelihara fungsi tubuh sampai ke tingkat paling kecil yaitu sel. Mengkonsumsi telur bersama kuningnya dalam batas yang wajar bisa membantu pertumbuhan serta perbaikan sel.

Kuning telur juga bisa membantu meningkatkan produksi senyawa kimiawi yang berperan sebagai penyampai pesan diantara sel saraf. Senyawa kimiawi tersebut mempengaruhi berbagai fungsi fisik maupun psikologis tubuh.

Nah, itulah manfaat kuning telur yang bisa memudarkan anggapan bahwa kuning telur penyebab kolesterol tinggi. Meskipun demikian, pastikan Anda mengkonsumsi kuning telur dalam batas yang wajar agar tidak menyebabkan efek samping yang justru bisa berbahaya bagi kesehatan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.